PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP ILMIAH PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MEMETAKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 MENGGALA

Dara Arka , Fidela (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP ILMIAH PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MEMETAKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 MENGGALA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
2. FILE SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1333Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1167Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kegunaan utamaipenilaian sikap sebagai bagian dari pembelajaran adalah refleksi pemahaman dan kemajuan sikap peserta didik secaraiindividual. Tetapi menumbuhkan sikap ilmiah siswa sebagai salah satu tujuan dari pembelajaranimasih kurang mendapat perhatian. Penelitian ini bertujuaniuntuk mengembangkan instrumenipenilaian sikap ilmiah pada pembelajaran fisika untuk memetakan minat belajar siswa yang valid, reliabel, dan praktis untuk digunakan. Jenis penelitian ini adalah penelitianipengembangan dengan menggunakan 7 langkah, yakni: penelitianidanipengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, ujiicoba lapangan awal, revisi hasil uji coba, uji coba lapangan, dan revisi produk operasional. Berdasarkan hasil validasi ahli, instrumen yangddikembangkan diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 80% denganikategoriisangat tinggi, sehingga instrumen penilaian ini layak untuk digunakan. Instrumen penilaian iniidiujicobakan kepada 100 siswa dan selanjutnyaidianalisis denganiexploratory factor analysis berbantuan program SPSS 21 for windows. Berdasarkan hasil analisis validitas data uji coba diperoleh sebanyak 57 butir pernyataan. Butir pernyataan pada instrumenipenilaian sikap ilmiah untuk memetakan minat belajar siswa dinyatakan reliabel dengan nilai Alpha Cronbachisebesar 0,952 pada instrumen sikap ilmiah, dan 0,927 pada instrumen minat belajar siswa dengan kategori sangat reliabel. Uji kepraktisan instrumenipenilaian ini memperoleh rata-rata skor sebesar 90,52% denganikriteria sangatipraktis. Kata kunci: Instrumen penilaian, sikap ilmiah, minat belajar, pembelajaran fisika

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2301371824 . Digilib
Date Deposited: 12 Apr 2023 03:40
Terakhir diubah: 12 Apr 2023 03:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70580

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir