ANALISIS MISKONSEPSI PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN MENGGUNAKAN TRHEE TIER MULTIPLE CHOICE PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 WAY JEPARA

Putu Hanny, Dio (2023) ANALISIS MISKONSEPSI PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN MENGGUNAKAN TRHEE TIER MULTIPLE CHOICE PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 WAY JEPARA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI_PUTU HANNY DIO (FULL).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
PUTU HANNY DIO_SKRIPSI (tanpa Pembahasan).pdf

Download (4025Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) miskonsepsi yang dialami siswa kelas XI IPA pada materi taringan tumbuhan; (2) profil miskonsepsi siswa kelas XI IPA pada materi jaringan tumbuhan; (3) faktor yang menjadi penyebab terjadinya miskonsepsi siswa pada materi jaringan tumbuhan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMAN 1 Way Jepara. Sampel peneilitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel 81 peserta didik dari kelas XI IPA 1, XI IPA 3 dan XI IPA 4. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes diagnostik berformat three-tier multiple choice (tiga tingkat) disertai tingkat keyakinan siswa dan wawancara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kombinasi (Mixed Method) dengan tahap awal yaitu metode kuantitatif menggunakan tes diagnostik three-tier multiple choice dan dilanjutkan metode kualitatif dengan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) miskonsepsi yang dialami oleh siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 3 dan XI IPA 4 termasuk dalam kategori rendah karena presentase siswa yang mengalami miskonsepsi kurang dari sama dengan 30%, yaitu hanya 14,56%; (2) miskonsepsi siswa pada materi jaringan tumbuhan terbesar di kelas XI IPA SMAN 1 Way Jepara ditemukan pada konsep struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan dan perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil dengan masing-masing persentase masing-masing yaitu, 23,45% dan 23,77%; (3) penyebab miskonsepsi siswa pada materi jaringan tumbuhan di kelas XI IPA SMA 1 Way Jepara yaitu berasal dari siswa, guru, cara mengajar, dan juga sumber ajar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) miskonsepsi yang dialami siswa kelas XI IPA pada materi taringan tumbuhan; (2) profil miskonsepsi siswa kelas XI IPA pada materi jaringan tumbuhan; (3) faktor yang menjadi penyebab terjadinya miskonsepsi siswa pada materi jaringan tumbuhan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMAN 1 Way Jepara. Sampel peneilitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel 81 peserta didik dari kelas XI IPA 1, XI IPA 3 dan XI IPA 4. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes diagnostik berformat three-tier multiple choice (tiga tingkat) disertai tingkat keyakinan siswa dan wawancara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kombinasi (Mixed Method) dengan tahap awal yaitu metode kuantitatif menggunakan tes diagnostik three-tier multiple choice dan dilanjutkan metode kualitatif dengan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) miskonsepsi yang dialami oleh siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 3 dan XI IPA 4 termasuk dalam kategori rendah karena presentase siswa yang mengalami miskonsepsi kurang dari sama dengan 30%, yaitu hanya 14,56%; (2) miskonsepsi siswa pada materi jaringan tumbuhan terbesar di kelas XI IPA SMAN 1 Way Jepara ditemukan pada konsep struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan dan perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil dengan masing-masing persentase masing-masing yaitu, 23,45% dan 23,77%; (3) penyebab miskonsepsi siswa pada materi jaringan tumbuhan di kelas XI IPA SMA 1 Way Jepara yaitu berasal dari siswa, guru, cara mengajar, dan juga sumber ajar. 1q11

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2301513089 . Digilib
Date Deposited: 14 Jun 2023 01:19
Terakhir diubah: 14 Jun 2023 01:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72074

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir