KEEFEKTIFAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL) PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS CASE METHOD DALAM MENGUKUR KEMAMPUAN KOLABORASI DAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK

Nong, Astriyana (2023) KEEFEKTIFAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL) PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS CASE METHOD DALAM MENGUKUR KEMAMPUAN KOLABORASI DAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2537Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2058Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan instrumen Assessment for Learning (AfL) pada pembelajaran fisika berbasis case method dalam mengukur kemampuan kolaborasi dan sikap tanggung jawab peserta didik. Sampel yang digunakan, yaitu peserta didik kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 SMAN 1 Kotaagung Tahun Ajaran 2022/2023. Desain Penelitian yang digunakan, yaitu One-Shot Case Study. Penilaian dengan AfL pada pembelajaran fisika berbasis case method dikatakan efektif dalam mengukur kemampuan kolaborasi dan sikap tanggung jawab peserta didik jika ketuntasan belajar klasikal kelas eksperimen minimal mencapai 85% dengan ketuntasan belajar individu 76. Analisis nilai kelas eksperimen diperoleh nilai kemampuan kolaborasi melampaui ketuntasan klasikal dengan 28 dari 30 peserta didik (93%) tuntas, sedangkan nilai sikap tanggung jawab 29 orang dari 30 peserta didik (97%) tuntas. Didukung dengan hasil uji hipotesis diperoleh untuk kemampuan kolaborasi nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,037 dan untuk sikap tanggung jawab nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000, maka dapat diambil keputusan bahwa terdapat perbedaan kemampuan kolaborasi dan tanggung jawab peserta didik antara kelas yang menggunakan instrumen AfL dengan kelas yang menggunakan instrumen AoL pada pembelajaran fisika berbasis kasus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penilaian dengan AfL pada pembelajaran fisika berbasis case method efektif dalam mengukur kemampuan kolaborasi dan sikap tanggung jawab peserta didik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 100 Filsafat dan psikologi
100 Filsafat dan psikologi > 107 Pendidikan, penelitian, topik terkait filsafat
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2301373479 . Digilib
Date Deposited: 14 Jun 2023 06:10
Terakhir diubah: 14 Jun 2023 06:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72160

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir