PENGARUH PROJECT-BASED BLENDED LEARNING (PjBBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA

Fitra Rinjani Yusman , 1913022043 (2023) PENGARUH PROJECT-BASED BLENDED LEARNING (PjBBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2779Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2523Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Project-Based Blended Learning (PjBBL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang cahaya. Sampel yang digunakan yaitu, peserta didik kelas XI MIPA 5 dan XI MIPA 6 SMA Negeri 16 Bandar Lampung tahun ajaran 2022/2023. Desain penelitian ini menggunakan Non-Equivalent Control Group. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu, lembar soal tes uraian. Pembelajaran dengan menerapkan PjBBL mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dibuktikan melalui perolehan rata-rata nilai N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,63 lebih besar dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,53 dengan kategori sedang. Hal tersebut membuktikan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan kelas kontrol. Serta didukung dari data yang dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney, diperoleh nilai Asymp Sig. (2-tailed) sebesar 0,004 artinya bahwa pembelajaran dengan Project Based Blended Learning (PjBBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang cahaya. Kata Kunci: Project-Based Blended Learning, kemampuan berpikir kritis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2301131630 . Digilib
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:24
Terakhir diubah: 26 Jul 2023 02:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73690

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir