ANALISIS PENGARUH JARAK ANTAR U-TURN TERHADAP KINERJA JALAN (Studi Kasus Jalan Zainal Abidin Pagar Alam Bandar Lampung)

Abdul Mukahfi, 0745011001 (2015) ANALISIS PENGARUH JARAK ANTAR U-TURN TERHADAP KINERJA JALAN (Studi Kasus Jalan Zainal Abidin Pagar Alam Bandar Lampung). Fakultas Teknik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (119Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (119Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (118Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (193Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (147Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (215Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (178Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (423Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (165Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Pergerakan U-Turn, pada bukaan median di Ruas Jalan Zainal Abidin Pagar Alam, yang kerap menyebabkan kemacetan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah jarak antar U-Turn yang ada saat ini sudah sesuai dengan aturan yang ada, serta pengaruh yang ditimbulkan terhadap kinerja pada ruas jalan tersebut. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi atau bahan pertimbangan Pemerintah Kota Bandar Lampung untuk mengambil sebuah kebijakan pada ruas jalan tersebut, agar tidak terjadi kemacetan yang kian hari bertambah parah dan merugikan pengguna jalan tersebut. Penelitian ini dilakukan pada bukaan median/U-Turn di depan Museum Lampung sampai depan KFC,pemilihan lokasi ini didasarkan atas jalan yang kerap mengalami kemacetan, akibat dari pengaruh U-Turn (putar balik). Penelitian ini dilakukan pada jam-jam puncak yaitu pagi (07.00-08.00), siang (12.00-13.00), dan sore hari (17.00-18.00) selama tiga hari yakni pada hari selasa dan kamis untuk mewakili hari kerja dan hari sabtu untuk mewakili hari libur. Metode yang digunakan dalam studi ini berupa perhitungan lalu lintas dari data dilapangan menggunakan MKJI 1997. Dari hasil penelitian dilokasi survey diperoleh nilai DS(R.basa –T.karang) : 0,72 smp/jam dan DS(T. Karang- R. Basa) : 0,76 smp/jam dengan tingkat pelayanan jalan (level of service) LoS D. Dari seluruh Jarak antar U-Turn yang ditinjau terdapat beberapa yang tidak sesuai dengan Pedoman Konstruksi dan Bangunan, Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah yaitu kurang dari 500 m dan disarankan untuk ditutup. Jarak antar bukaan median/ U-Turn yang dimaksud yakni : Museum Lampung - Kawasaki : 250 m, Kawasaki - LB. LIA : 150 m, Tridharma - Sekolah Dharma Bangsa : 250 m, Sekolah Dharma Bangsa – KFC : 450 m. Pada saat jam-jam puncak panjang kendaraan yang mengantri saat manuver putar balik/ U-Turn pada lokasi survey mencapai 5 kendaraan dengan panjang 25 m. Kata kunci : U-Turn, volume, derajat kejenuhan, kecepatan, Tingkat pelayanan jalan. ABSTRACT The movement of u-turns , on the openings of the median on roads Zainal Abidin natural fence , which often causes congestion. This research carried out aimed at ascertaining whether the distance between u-turns there is currently in accordance with the existing rules, and the influence of inflicted on the performance on the road . Research is expected to be a reference or consideration the government of the city of Bandar Lampung to take a policy on the road, to avoid traffic congestion that became worse and injurious to the road users. The study is done at median openings / u-turns in front of Museum Lampung until front of kfc, choice of location for the is based on road which is often deadlocked, a result of the influence of u-turns ( turn turning ). The study is done at pick up time the top namely morning ( 07.00-08.00 Am), lunch ( 12.00-13.00 Pm), and the early afternoon ( 17.00-18.00 Pm ) during three days from on tuesday and thursday to represent working days and saturday to represent a holiday. Methods used in this study in the form of calculation traffic from the data on the ground using MKJI 1997. From the results of the survey obtained the DS ( R.basa- T.karang: 0,72 smp / hour and the DS ( T.karang- R.basa): 0.76 smp / hour in the street ( the level of service).The gap between the openings median / u-turns review some of which are not in accordance with the guidelines for construction and building, the settlement and infrastructure in the region are less than 500 meter and advise closed. The distance between the openings median / u-turns question: Museums Lampung - Kawasaki: 250 m, Kawasaki - Lb.Lia: 150 m, Tri Dharma-Dharma Bangsa School: 250 m, Dharma Bangsa school - KFC : 450 m. At the time of the summits of long hours standing in line when vehicles turn turning / u-turns survey on the site of up to 5 a vehicle with long 25 m. Keywords : U-Turn, Volume, The degree of saturation, speed, Level of service.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Mesin (General). Mesin Sipil (General)
> Mesin (General). Mesin Sipil (General)
Mesin (General). Mesin Sipil (General)
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil
Pengguna Deposit: 9884353 . Digilib
Date Deposited: 26 Feb 2015 05:05
Terakhir diubah: 26 Feb 2015 05:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7379

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir