PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS ETNO-STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI

INAYATUL AINIYAH, CAHYANI (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS ETNO-STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img] File PDF
2. FILE SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1440Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. FILE SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1113Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbasis etno-STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi peserta didik pada materi bioteknologi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IX SMP Negeri 30 Pesawaran tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas IX A sebanyak 29 orang dan IX C sebanyak 30 orang, dipilih melalui teknik cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan quasi experimental (eksperimental semu) dengan menggunakan struktur desain penelitian pretes-postes kelompok kontrol nonekuvalen. Data kemampuan berpikir kreatif diperoleh melalui nilai pretes, postes dan lembar penilaian produk kreatif. Data kemampuan komunikasi diperoleh menggunakan lembar penilaian observasi. Data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa rerata nilai pretes, postes, dan N-gain kemampuan berpikir kreatif yang diuji menggunakan uji Independent Sample t-Test dengan taraf signifikansi 5% didapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,01 < 0,05 yang menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan model PjBL berbasis etno-STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Rerata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,56 sedangkan kelas kontrol sebesar 0,29. Data kualitatif menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi peserta didik, baik secara lisan maupun tertulis pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Data kemampuan komunikasi lisan maupun tertulis peserta didik kelas eksperimen mendapatkan kriteria “baik”. Selain itu, data kualitatif yang diperoleh dari kemampuan berpikir kreatif melalui produk mendapatkan kriteria “baik”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL berbasis etno-STEM berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi peserta didik pada materi bioteknologi di SMP Negeri 30 Pesawaran.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2301139219 . Digilib
Date Deposited: 04 Aug 2023 03:19
Terakhir diubah: 04 Aug 2023 03:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74067

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir