ANALISIS MODEL BISNIS DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS USAHA MIE ACEH DI KOTA BANDAR LAMPUNG (Studi Kasus Pada Usaha Mie Aceh Nusantara Cut Mutia)

Septian Nur, Hidayat (2023) ANALISIS MODEL BISNIS DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS USAHA MIE ACEH DI KOTA BANDAR LAMPUNG (Studi Kasus Pada Usaha Mie Aceh Nusantara Cut Mutia). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK- ABSTRACT.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis model bisnis dengan pendekatan Business Model Canvas pada usaha Mie Aceh Nusantara Cut Mutia di masa krisis ketahanan pangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Key Partnerships yang dimiliki adalah pemasok kopi dan rempah-rempah dari Aceh, distributor di Pasar Pasir Gintung, pemilik sewa tempat usaha, pemerintah kecamatan setempat, dan komunitas pegawai dinas. Key Activities yang dilakukan adalah pembelian bahan baku, pemesanan kopi dan rempah-rempah, pembuatan mie aceh mentah secara mandiri, berjualan di outlet usaha, serta pemasaran offline dan online. Key Resources yang dibutuhkan, yaitu sumber daya fisik, sumber daya intelektual, sumber daya manusia, dan sumber daya finansial. Cost Structure terdiri dari biaya variabel dan biaya tetap. Value Propositions yang ditawarkan adalah harga murah, rasa yang enak, suasana tempat yang nyaman untuk tempat berkumpul bapak-bapak, jam tutup operasional menyesuaikan pelanggan, pemilik dan karyawan usaha yang ramah, serta menghargai pelanggan. Customer Relationship yang dijalin, yaitu dengan menyediakan pelayanan yang maksimal dan memuaskan, menjaga kualitas rasa semua menunya, tata ruang disesuaikan sebagai tempat berkumpul atau nongkrong kalangan bapak-bapak. Customer Segments yang dituju adalah berdasarkan segmen geografis, segmen demografis, dan segmen psikografis. Channels dilakukan secara direct dan indirect. Revenue Streams didapatkan melalui penjualan menu Mie Aceh Nusantara Cut Mutia secara offline dan online. Dampak pandemi Covid-19 dan krisis pangan berpengaruh terhadap usaha Mie Aceh Nusantara Cut Mutia, tetapi strategi pengurangan margin keuntungan yang dilakukan membuat usaha ini tetap mendapatkan keuntungan. Kata Kunci: Model Bisnis, Business Model Canvas, Mie Aceh

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 381 Perdagangan
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Bisnis
Pengguna Deposit: 2301982806 . Digilib
Date Deposited: 20 Sep 2023 10:24
Terakhir diubah: 20 Sep 2023 10:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75755

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir