PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS VIII SMP N 19 KOTA SERANG

Tomi, Fadlanul Khamdani (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS VIII SMP N 19 KOTA SERANG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Absrtak.pdf

Download (213Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi full dan pembahasan.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (888Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi full tanpa pembahasan.pdf

Download (839Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik dalam materi sistem pernapasan kelas VIII di SMP N 19 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest kelompok non ekuivalen. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII D dan VIII E yang berjumlah 60 dipilih melalui cluster ramdom sampling. Data pada penelitian ini berupa nilai pretest, posttest, dan N-Gain sebagai hasil nilai kemampuan Higher Order Thinking Skills peserta didik dianalisis menggunakan Uji U Mann Whitney. Angket tanggapan peserta didik dianalisis dengan presentase. Hasil penelitian menunjukan HOTS peserta didik berkategori sedang dengan N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0.60 ± 0.28 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0.29 ± 0.33. analisis Uji Mann Whitney menunjukan bahwa Model Discovery Learning berpengaruh signifikan terhadap peningkatan HOTS peserta didik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2301732911 . Digilib
Date Deposited: 02 Oct 2023 06:31
Terakhir diubah: 02 Oct 2023 06:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75983

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir