PENGARUH E-LKPD DALAM LIVEWORKSHEETS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

MUHAMMAD IKHLAS , JAYA (2023) PENGARUH E-LKPD DALAM LIVEWORKSHEETS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM EKSKRESI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF (Abstrak)
MUHAMMAD IKHLAS JAYA_ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (162Kb) | Preview
[img] File PDF (File skripsi full tanpa lampiran)
MUHAMMAD IKHLAS JAYA_SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1391Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF (Skripsi tanpa pembahasan dan lampiran)
MUHAMMAD IKHLAS JAYA_SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1485Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pada penggunaan E-LKPD dalam Liveworksheets berbasis PBL terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas VIII pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu (quasi experimental) dengan desain pada penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 peserta didik yang terbagi ke dalam kelas VIII 8 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 9 sebagai kelas kontrol yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes berbentuk pilihan jamak untuk mengukur kemampuan literasi sains peserta didik. Selain itu diberikan juga angket sebagai data pendukung yang berisi pertanyaan mengenai respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan E-LKPD dalam Liveworksheets berbasis PBL. Data dianalisis secara statistik menggunakan uji Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,64 dengan kategori sedang dan kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,19 dengan kategori rendah. Uji T terhadap nilai N-Gain menunjukkan hasil sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05. Hasil angket respon siswa yang diperoleh mendapatkan persentase 82,74% yang dikategorikan sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan E-LKPD dalam Liveworksheets berbasis Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas VIII pada materi sistem ekskresi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308056943 . Digilib
Date Deposited: 12 Oct 2023 07:31
Terakhir diubah: 12 Oct 2023 07:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76332

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir