PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM

Nisrina , Nur Azizah (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Nisrina Nur Azizah_Abstrak.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img] File PDF
Nisrina Nur Azizah_Full pembahasan.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2640Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Nisrina Nur Azizah_Skripsi tanpa pembahasan.pdf

Download (2043Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan minat belajar peserta didik pada materi perubahan iklim. Penelitian dilaksanakan pada semester genap di SMPN 18 pesawaran. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan teknik Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel diambil menggunakan teknik Purposive sampling, sehingga diperoleh kelas VII E sebanyak 28 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebanyak 28 peserta didik sebagai kelas kontrol. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data diperoleh melalui angket dan tes. Hasil nilai pretest-posttest pada kelas eksperimen yang menggunakan model PBL mendapat skor nilai N-gain sebesar 0,50 kriteria “sedang” dan diperoleh hasil uji normalitas N-gain pada kelas eksperimen sebesar Sig 0,200 > 0,05 dan pada kelas kontrol sebesar Sig 0,200 > 0,05. Uji homogenitas N-gain sebesar Sig 0,227 > 0,05. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-test didapatkan nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, serta hasil uji Effect size sebesar 1,84 dengan kriteria “besar”. Hasil data angket minat belajar pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata persentase minat belajar sebesar 80,36 dengan kriteria “sangat tinggi”. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan model PBL berpengaruh tinggi terhadap minat belajar peserta didik pada materi perubahan iklim. Kata kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Minat Belajar, Perubahan Iklim.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308855062 . Digilib
Date Deposited: 14 Oct 2023 01:37
Terakhir diubah: 14 Oct 2023 01:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76397

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir