PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN PENDEKATAN BIO-ENTREPRENEURSHIP (BEP) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN LIFE SKILL PESERTA DIDIK

Nabila Alifia, Innayah (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN PENDEKATAN BIO-ENTREPRENEURSHIP (BEP) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN LIFE SKILL PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1502Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1332Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model PjBL dengan pendekatan bio-entrepreneurship (BEP) terhadap kemampuan literasi sains dan life skill peserta didik di SMAN 1 Bandar Lampung pada materi bioteknologi kelas X semester genap tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 329 peserta didik kelas X MIPA. Sampel penelitian ini berjumlah 71 peserta didik yang terdiri dari kelas X MIPA 9 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X MIPA 7 sebagai kelas kontrol, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Kelas eksperimen menggunakan model PjBL dengan pendekatan bio-entrepreneurship (BEP), sedangkan kelas kontrol menggunakan model PBL dengan pendekatan scientific. Data kemampuan literasi sains didapatkan dari nilai pretest dan posttest, data ini diuji menggunakan independent sample t-test dengan bantuan aplikasi SPSS versi 20. Hasil penelitian kemampuan literasi sains menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 0,05 didapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, dengan rata-rata N-Gain di kelas eksperimen sebesar 0,67 dengan kriteria sedang, sedangkan kelas kontrol rata-rata N-Gain sebesar 0,28 dengan kriteria rendah. Data kemampuan life skill didapatkan dari lembar observasi, data ini diuji dengan membandingkan nilai rata-rata lembar observasi kemampuan life skill. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan life skill peserta didik setelah diberi perlakuan di kelas eksperimen meningkat lebih tinggi dengan rata-rata 78,63 dibandingkan di kelas kontrol dengan rata-rata 51,74. Dengan demikian penerapan model Project Based Learning dengan pendekatan bio-entrepreneurship (BEP) berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan literasi sains dan life skill peserta didik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308715473 . Digilib
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:26
Terakhir diubah: 20 Oct 2023 02:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76661

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir