PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OBSERVASI, BERPIKIR ANALISIS, DAN KOMUNIKASI (OBAK) TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN

Fahdila Restu, Putri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OBSERVASI, BERPIKIR ANALISIS, DAN KOMUNIKASI (OBAK) TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
FahdilaRestuPutri_Abstrak.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
Fahdila Restu Putri_Skripsi Full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1345Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FahdilaRestuPutri_Skripsi Tanpa Pembahasan.pdf

Download (1064Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran OBAK terhadap literasi sains peserta didik pada materi sistem pernapasa. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest non-equivalent. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling terpilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Data yang diukur dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif berupa nilai literasi sains yang diperoleh dari hasil pretest-posttest yang dianalisis menggunakan uji Independent sampel t-test dan data respon peserta didik tentang pembelajaran menggunakan model OBAK yang dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model OBAK terhadap literasi sains peserta didik dengan nilai sig (2-tailed) 0,00<0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunakan model OBAK berpengaruh signifikan terhadap peningkatan literasi sains peserta didik pada materi sistem pernapasan di SMPN 1 Terbanggi Besar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308938699 . Digilib
Date Deposited: 08 Nov 2023 04:14
Terakhir diubah: 08 Nov 2023 04:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76846

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir