PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN JUMPING TASK TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS SISWA KELAS X PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen di SMAN 1 Labuhan Ratu)

MELIA KURNIA , ASSYIFA (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN JUMPING TASK TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS SISWA KELAS X PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen di SMAN 1 Labuhan Ratu). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK MELIA KURNIA ASSYIFA.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL MELIA KURNIA ASSYIFA.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN MELIA KURNIA ASSYIFA.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning berbantuan Jumping Task terhadap HOTS Siswa kelas X. Desain penelitian yang digunakan adalah equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X dengan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data Peningkatan HOTS diperoleh melalui pretest dan posttest, yang dianalisis menggunakan uji-t (Independent Sample t-Test). Tanggapan peserta didik tentang pembelajaran menggunakan model PBL berbantuan jumping task dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 0,05 didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan rata-rata N-gain sebesar 0,48 dengan kategori sedang. HOTS peserta didik kelas eksperimen memperoleh nilai N-gain pada ranah kognitif C4 sebesar 0,72, C5 sebesar 0,47 dan C6 sebesar 0,25. Selain itu, hasil angket tanggapan peserta didik terhadap penggunaan model PBL berbantuan jumping task mendapatkan rata-rata presentase sebesar 92,2% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model PBL berbantuan jumping task terhadap peningkatan HOTS peserta didik pada materi perubahan lingkungan di SMA Negeri 1 Labuhan Ratu

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308528778 . Digilib
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:50
Terakhir diubah: 19 Dec 2023 02:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77608

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir