ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI ILMIAH DAN REPRESENTASI PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMPN 7 BANDAR LAMPUNG

NABILA AMARA, PUTRI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI ILMIAH DAN REPRESENTASI PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMPN 7 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (160Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1249Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (823Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi dan komunikasi ilmiah peserta didik menggunakan model guided discovery learning pada materi sistem reproduksi manusia di di SMPN 7 Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX di SMPN 7 Bandar Lampung. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dan diperoleh sebanyak 30 peserta didik sebagai sampel penelitian.. Desain penelitian yang digunakan adalah desain one group pretest-posttest. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan angket. Data kemampuan komunikasi ilmiah berdasarkan hasil observasi, data kemampuan representasi berdasarkan hasil tes dan data lainnya berdasarkan angket. Data kemampuan komunikasi ilmiah dianalisis dengan menghitung kemunculan indikator komunukasi ilmiah pada setiap pertemuan. Data kemampuan representasi peserta didik dianalisis dengan uji statistik menggunakan Aplikasi IBM SPSS. Dan data hasil angket tanggapan peserta didik dianalisis dengan perhitungan persentase. Hasil analisis kemampuan komunikasi ilmiah peserta didik menggunakan model guided discovery learning pada materi Sistem Reproduksi Manusia terdapat kemunculan kemampuan komunikasi ilmiah peserta didik pada materi Sistem Reproduksi Manusia menggunakan model guided discovery learning di SMPN 7 Bandar Lampung dengan kategori rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada kemampuan representasi peserta didik pada materi Sistem Reproduksi Manusia menggunakan model guided discovery learning di SMPN 7 Bandar Lampung. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan N-Gain peserta didik yaitu sebesar 0,48 dengan kategori sedang.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308991739 . Digilib
Date Deposited: 21 Dec 2023 05:55
Terakhir diubah: 21 Dec 2023 05:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77804

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir