PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI DI SMP NEGERI 3 NATAR LAMPUNG SELATAN

INDIRA RATNA, DEWANTI (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI DI SMP NEGERI 3 NATAR LAMPUNG SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (145Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1890Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1995Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) terhadap Higer Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik pada materi bioteknologi di SMP Negeri 3 Natar Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 3 Natar yaitu kelas IX B sebagai kelas eksperimen dan IX C sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t tunggal (Independent Sample t-Test). Data HOTS diperoleh dengan menentukan N-gain dari skor pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai di kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah melalui pembelajaran bioteknologi dengan menggunakan model Project Based Learning dengan rerata N-gain kelas eksperimen sebesar 0,72 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,51 dengan kategori sedang. Dengan demikian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model PjBL berpengaruh secara signifikan terhadap HOTS peserta didik di SMP Negeri 3 Natar Lampung Selatan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308985442 . Digilib
Date Deposited: 22 Dec 2023 07:38
Terakhir diubah: 22 Dec 2023 07:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77902

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir