, Sri Yulli (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI I SIDODADI KEDATON BANDAR LAMPUNG. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pengesahan.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar Isi.pdf Download (164Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Riwayat Hidup all.pdf - Published Version Download (189Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pada umumnya sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika. Hal ini mengakibatkan rata-rata prestasi belajar matematika siswa menjadi rendah. Salah satu kontruktivis yang sedang dikembangkan adalah pendekatan kontekstual, karena pada pembelajaran yang menggunakan pendekatan kontekstual memberikan banyak peluang supaya siswa berpartisipasi dan berkontribusi dalam mengkonstruksi pengetahuannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Apakah pembelajaran matematika melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri I Sidodadi tahun pelajaran 2011-2012 “. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri I Sidodadi tahun pelajaran 2011-2012 melalui pendekatan kontekstual. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SD Negeri I Sidodadi Kedaton Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011-2012, dengan banyak siswa 30 orang. Materi yang diberikan adalah uang. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, kegiatan setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa. Data tersebut diperoleh selama proses pembelajaran baik berupa penggunaan media, diskusi, dan tes setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil belajar matematika siswa setiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang memperoleh nilai ≥ 65 sebesar 50 %, pada siklus II meningkat menjadi 90 %. Indikator keberhasilan telah terpenuhi. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri I Sidodadi Kedaton Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011-2012. Kata kunci : Pendekatan Kontekstual, Hasil Belajar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 28 Jan 2014 07:36 |
Terakhir diubah: | 28 Jan 2014 07:36 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/788 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |