Safitri, Nurul Hidayah (2025) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SMART RISK-TAKING BEHAVIOR SISWA PADA MATERI ASAM DAN BASA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF (Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas model discovery learning berbasis etnosains untuk meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) dan smart risk-taking behavior siswa pada materi asam dan basa. )
ABSTRAK.pdf Download (155Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF (Skripsi full )
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2134Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF (Skripsi full tanpa bab pembahasan)
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2162Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas model discovery learning berbasis etnosains untuk meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) dan smart risk-taking behavior siswa pada materi asam dan basa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Metro tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian diambil melalui teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen serta XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Analisis data KPS dan smart risk-taking behavior siswa dilakukan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji-t). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata N-gain KPS dan N-gain smart risk-taking behavior siswa pada kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji effect size terhadap KPS sebesar 0,98 dan smart risk-taking behavior sebesar 0,93 dengan kriteria efek besar yang mengindikasikan bahwa penerapan model discovery learning berbasis etnosains berpengaruh terhadap KPS serta smart risk-taking behavior siswa. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbasis etnosains efektif untuk meningkatkan KPS dan smart risk-taking behavior siswa pada materi asam dan basa.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2308383883 . Digilib |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 21:56 |
Terakhir diubah: | 31 Jan 2025 21:56 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81778 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |