EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SMART RISK-TAKING BEHAVIOR SISWA PADA MATERI ASAM DAN BASA

Safitri, Nurul Hidayah (2025) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SMART RISK-TAKING BEHAVIOR SISWA PADA MATERI ASAM DAN BASA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF (Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas model discovery learning berbasis etnosains untuk meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) dan smart risk-taking behavior siswa pada materi asam dan basa. )
ABSTRAK.pdf

Download (155Kb) | Preview
[img] File PDF (Skripsi full )
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2134Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF (Skripsi full tanpa bab pembahasan)
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2162Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas model discovery learning berbasis etnosains untuk meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) dan smart risk-taking behavior siswa pada materi asam dan basa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Metro tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian diambil melalui teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen serta XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Analisis data KPS dan smart risk-taking behavior siswa dilakukan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji-t). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata N-gain KPS dan N-gain smart risk-taking behavior siswa pada kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji effect size terhadap KPS sebesar 0,98 dan smart risk-taking behavior sebesar 0,93 dengan kriteria efek besar yang mengindikasikan bahwa penerapan model discovery learning berbasis etnosains berpengaruh terhadap KPS serta smart risk-taking behavior siswa. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbasis etnosains efektif untuk meningkatkan KPS dan smart risk-taking behavior siswa pada materi asam dan basa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308383883 . Digilib
Date Deposited: 31 Jan 2025 21:56
Terakhir diubah: 31 Jan 2025 21:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81778

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir