, Suwarjiah (2011) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA KELAS VI SD NEGERI 2 SUKARAME BANDARLAMPUNG. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abtrak.pdf - Published Version Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pengesahan.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftyar Isi.pdf - Published Version Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (289Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (153Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (215Kb) |
||
|
File PDF
BAB v.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
Archive
PDF.zip - Published Version Download (627Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi efektivitas model pembelajaran interaktif dalam upaya meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VI pada pembelajaran IPA di SD Negeri 2 Sukarame, Bandarlampung. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan serta empat tahap tindakan, yaitu: perencanaan (planning), implementasi (tindakan), observasi (pengamatan) dan refleksi. Pada akhir setiap siklus diadakan tes untuk mengukur pemahaman siswa terhadap pengetahuan yang sudah diterapkan dengan model pembelajaran interaktif dan mengetahui pencapaian ketuntasan siswa. Selain itu, pada penelitian ini juga diadakan penilaian terhadap aktivitas guru dan siswa untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru dan siswa. Hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran interaktif di kelas VI SDN 2 Sukarame mengalami peningkatan pada pelaksanaan siklus I dibandingkan sebelum tindakan, yaitu dengan rata-rata nilai siswa menjadi 68,60 dan ketuntasan 68,5%. Pada siklus II hasil rata-rata nilai siswa mengalami peningkatan sehingga menjadi 70 dan ketuntasan mencapai 91,4%. Peningkatan aktivitas siswa juga meningkat, yaitu pada siklus I dengan jumlah rata-rata 40 dan pada siklus II menjadi 46,2. Aktivitas guru pada siklus I mencapai rata-rata 31,5, sedangkan pada siklus II mencapai 36. Berdasarkan hasil yang dicapai pada penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran interaktif dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPA pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Sukarame Bandar Lampung. Kata kunci: Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Pembelajaran Interaktif.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 29 Jan 2014 05:02 |
Terakhir diubah: | 29 Jan 2014 05:02 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/820 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |