UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA KELAS VI SD NEGERI 2 SUKARAME BANDARLAMPUNG

, Suwarjiah (2011) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA KELAS VI SD NEGERI 2 SUKARAME BANDARLAMPUNG. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
Cover.pdf - Published Version

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Abtrak.pdf - Published Version

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Pengesahan.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Daftyar Isi.pdf - Published Version

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (289Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (153Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (215Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB v.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (627Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi efektivitas model pembelajaran interaktif dalam upaya meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VI pada pembelajaran IPA di SD Negeri 2 Sukarame, Bandarlampung. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan serta empat tahap tindakan, yaitu: perencanaan (planning), implementasi (tindakan), observasi (pengamatan) dan refleksi. Pada akhir setiap siklus diadakan tes untuk mengukur pemahaman siswa terhadap pengetahuan yang sudah diterapkan dengan model pembelajaran interaktif dan mengetahui pencapaian ketuntasan siswa. Selain itu, pada penelitian ini juga diadakan penilaian terhadap aktivitas guru dan siswa untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru dan siswa. Hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran interaktif di kelas VI SDN 2 Sukarame mengalami peningkatan pada pelaksanaan siklus I dibandingkan sebelum tindakan, yaitu dengan rata-rata nilai siswa menjadi 68,60 dan ketuntasan 68,5%. Pada siklus II hasil rata-rata nilai siswa mengalami peningkatan sehingga menjadi 70 dan ketuntasan mencapai 91,4%. Peningkatan aktivitas siswa juga meningkat, yaitu pada siklus I dengan jumlah rata-rata 40 dan pada siklus II menjadi 46,2. Aktivitas guru pada siklus I mencapai rata-rata 31,5, sedangkan pada siklus II mencapai 36. Berdasarkan hasil yang dicapai pada penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran interaktif dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPA pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Sukarame Bandar Lampung. Kata kunci: Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Pembelajaran Interaktif.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > BF Psychology
> > BF Psychology

> L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 29 Jan 2014 05:02
Terakhir diubah: 29 Jan 2014 05:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/820

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir