EFEKTIVITAS MEDIA REALIA MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP N 19 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2012/2013)

0743024008, Antun Sutarya (2013) EFEKTIVITAS MEDIA REALIA MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP N 19 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2012/2013). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Cover Dalam.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Cover.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Gambar.pdf

Download (223Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Isi.pdf

Download (461Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Tabel.pdf

Download (646Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Moto.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Pengesahan.pdf

Download (154Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Pernyataan.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Persembahan.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Persetujuan.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Riwayat Hidup.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Sanwacana.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab I.pdf

Download (158Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab II.pdf

Download (215Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab III.pdf

Download (451Kb) | Preview
[img] File PDF
Bab IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (250Kb)
[img]
Preview
File PDF
Bab V.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Pustaka.pdf

Download (88Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru Biologi di SMP N 19 Bandar Lampung diperoleh informasi bahwa hasil belajar kelas VIII masih rendah yaitu hanya 22,22% siswa yang mencapai Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini diduga karena penggunaan media yang bervariasi sebagai alat bantu dalam pembelajaran masih jarang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuai efektivitas media realia melalui model inkuiri terbimbing terhadap aktivitas belajar dan penguasaan materi siswa. Desain penelitian ini adalah pretest post-test non-equivalen, dengan teknik pengambilan sempel menggunakan cluster random sampling, terpilih kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Data penelitian yaitu data kuantitatif berupa data penguasaan materi yang diperoleh dari nilai pretes-postes kemudian dihitung dengan rumus skor N-Gain dan analisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayan 95%. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa yang diambil dari lembar observasi aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa mengenai efektivitas media realia melalui model inkuiri terbimbing yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap penguasaan materi pada kelas yang menggunakan media realia melalui model inkuiri terbimbing dengan ratat-rata pretes yaitu 3,11 meningkat menjadi rata-rata postes yaitu 7,78 dengan N-gain sebesar 68,54. Begitupun dengan aktivitas belajar siswa, dari lima aspek aktivitas belajar siswa yang diamati terbukti pada pertemuan pertama dengan nilai rata-rata aktivitas belajar sebesar 60,95 % meningkat menjadi 75,05 % pada peretemuan kedua. Sedangkan untuk tanggapan siswa mengenai efektivitas penggunaan media realia melalui model inkuiri terbimbing secara umum siswa merasa senang dengan pembelajaran yang telah dilakukan. Dengan demikian efektivitas media realia realia melalui model inkuiri terbimbing dapat peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan materi siswa pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 16 Apr 2015 06:08
Terakhir diubah: 16 Apr 2015 06:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8311

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir