EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA

ZHILAL, ZHAFIRAH (2025) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (254Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning dengan pendekatan teaching at the right level pada materi kesetimbangan kimia untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Bandar Lampung yang memilih mata pelajaran kimia Tahun Ajaran 2024/2025 yang berjumlah 182. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel kelas XI 3 sebagai kelas eksperimen dan XI 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yaitu uji perbedaan dua rata-rata (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara signifikan rata-rata n-gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata n-gain kelas eksperimen sebesar 0,63 dan rata-rata n-gain kelas kontrol sebesar 0,40 dengan kategori sedang, serta di kelas eskperimen pada kelompok tinggi, sedang, dan rendah memperoleh rata-rata n-gain dengan kategori tinggi dan sedang. Persentase siswa dalam kelompok rendah di kelas eksperimen dengan rata-rata n-gain sedang sebanyak 84,61% dan siswa dengan rata-rata n-gain kategori tinggi sebanyak 15,39%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model discovery learning dengan pendekatan teaching at the right level pada materi kesetimbangan kimia efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Kata kunci: discovery learning, kesetimbangan kimia, keterampilan berpikir tingkat tinggi, pendekatan teaching at the right level

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308573615 . Digilib
Date Deposited: 19 Feb 2025 02:34
Terakhir diubah: 19 Feb 2025 02:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84281

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir