FERI , ANDRIYANTO (2025) EFEKTIVITAS TAHAPAN LEARNING CYCLE DENGAN PENDEKATAN INQUIRY LESSON DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA MATERI LAJU REAKSI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2326Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2220Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas tahapan learning cycle dengan pendekatan inquiry lesson dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi laju reaksi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI 4 sebagai kelas kontrol dan kelas XI 9 kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan quasi-experimental dengan desain penelitian nonequivalent pretest and posttest control group design. Data penelitian ini dianalisis dengan uji perbedaan dua rata-rata menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik di kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan kelas kontrol. Artinya rata-rata n-gain keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik di kelas eksperimen lebih tinggi dari n-gain keterampilan berpikir tingkat tinggi kelas kontrol. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa rata-rata n-gain di kelas eksperimen berkategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa tahapan learning cycle dengan pendekatan inquiry lesson efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi laju reaksi. Kata kunci: inquiry lesson, keterampilan berpikir tingkat tinggi, laju reaksi, learning cycle
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2308071080 . Digilib |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 04:11 |
Terakhir diubah: | 19 Feb 2025 04:11 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84428 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |