EFEKTIVITAS TAHAPAN LEARNING CYCLE DENGAN PENDEKATAN INQUIRY LESSON DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN PADA MATERI LAJU REAKSI

AULIANA FAJRIA, RINEKSOWATI (2025) EFEKTIVITAS TAHAPAN LEARNING CYCLE DENGAN PENDEKATAN INQUIRY LESSON DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN PADA MATERI LAJU REAKSI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (269Kb) | Preview
[img] File PDF
2. FILE SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2991Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. FILE SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2868Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas tahapan learning cycle dengan pendekatan inquiry lesson dalam meningkatkan keterampilan mengomunikasikan pada materi laju reaksi. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2023/2024 dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas XI 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI 9 sebagai kelas kontrol. Pada kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional dan pada kelas eksperimen diterapkan tahapan learning cycle dengan pendekatan inquiry lesson. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent pretest-postest control group. Hasil penelitian menunjukkan rata –rata n-Gain keterampilan mengomunikasikan di kelas kontrol sebesar 0,43 sedangkan rata-rata n-Gain keterampilan mengomunikasikan di kelas eksperimen sebesar 0,54. Hasil pengujian hipotesis (Independent Sample t-Test) menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan mengomunikasikan pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata n-Gain keterampilan mengomunikasikan pada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa tahapan learning cycle dengan pendekatan inquiry lesson efektif dalam meningkatkan keterampilan mengomunikasikan peserta didik pada materi laju reaksi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308121366 . Digilib
Date Deposited: 19 Feb 2025 07:30
Terakhir diubah: 19 Feb 2025 07:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84527

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir