1013124005 , Misyati (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERITA ANAK MELALUI TEKNIK DISCOVERY PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 SUKARAME TALANGPADANG TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2011/2012. UNSPECIFIED.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (76Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER.pdf Download (138Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTTAR ISI.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (178Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (225Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (329Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerita anak dengan teknik discovery pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Sukarame Talangpadang Tanggamus tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerita anak melalui teknik discovery pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Sukarame Tanggamus tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri I Sukarame yang berjumlah 24 siswa. Setiap siklus menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes tertulis dan nontes. Instrumen tes tertulis digunakan untuk mengetahui kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerita anak, sedangkan instrumen nontes digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran. Berdasarkan analisis data, diketahui pada prasiklus, siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan nilai rata-rata kelas. Pada prasiklus, nilai rata-rata kelas 54,33 dengan persentase ketuntasan sebesar 39,28%. Siklus I peningkatan dari nilai rata-rata prasiklus sebesar 11,84 dan nilai rata-rata kelas 66,17 dengan persentase ketuntasan sebesar 66,67%. Siklus II mengalami peningkatan hasil belajar dari nilai rata-rata siklus I sebesar 9,83 dan nilai rata-rata 76,00 persentase ketuntasan sebesar 91,67%. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa pada setiap siklusnya. Hal tersebut terlihat pada keaktifan dan keantusiasan siswa dalam mengikuti pembelajaran melalui teknik discovery. Demikian juga dengan aktivitas guru mengalami peningkatan dalam mengelola kegiatan pembelajaran dari setiap siklusnya. Siklus I persentase aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran mencapai 60%. Siklus II meningkat menjadi 80%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teknik discovery dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita anak.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 20 Apr 2015 05:25 |
Terakhir diubah: | 09 Sep 2015 07:54 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8488 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |