Sudi, Winda Maharani (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE INTEGRATED UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VA SD NEGERI I METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Mengesahkan.pdf - Published Version Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version Download (165Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (154Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (175Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (556Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (96Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (1585Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kualitas pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VA Sekolah Dasar Negeri 1 Metro Timur, yang diketahui dari rata-rata nilai hasil belajar mereka pada mata pelajaran PKn hanya mencapai 60,32 atau dengan kata lain belum mencapai KKM yang ditetapkan SD Negeri 1 Metro Timur, yaitu sebesar 65. Oleh karena itu dalam penelitian ini dibahas tentang peningkatan aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan menerapkan model pembelajaran terpadu tipe integrated. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VA Sekolah Dasar Negeri 1 Metro Timur dan sekaligus meningkatkan hasil belajarnya melalui penerapan model pembelajaran terpadu tipe integrated pada pokok bahasan organisasi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serta lembar evaluasi belajar. Analisa data menggunakan rumus sederhana yaitu persentase (%). Dari hasil analisa data menunjukkan bahwa model pembelajaran terpadu tipe integrated dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VA Sekolah Dasar Negeri 1 Metro Timur dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata kinerja guru pada siklus I (53.00 %), siklus II (70.00 %) dan siklus III (83.00 %) lalu persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (54,60 %), siklus II (69,99 %), dan siklus III (88,07 %) sementara persentase rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I (65,38), siklus II (76,15), dan siklus III (84,61). Berdasarkan hasil temuan pengembangan proses pembelajaran, penulis mernyarankan agar guru kelas VA Sekolah Dasar Negeri 1 Metro Timur dapat menerapkan model pembelajaran terpadu tipe integrated dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan agar aktivitas dan hasil belajar dapat meningkat serta dapat membangkitkan motivasi dan minat para siswa. Kata kunci: aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan, pembelajaran terpadu tipe integrated.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 30 Jan 2014 07:17 |
Terakhir diubah: | 30 Jan 2014 07:17 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/849 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |