MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-8 MELALUI PENERAPAN TIPE STAD (Studi di SMP Negeri 1 Pagelaran)

1013110015, Supriyati (2011) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-8 MELALUI PENERAPAN TIPE STAD (Studi di SMP Negeri 1 Pagelaran). UNSPECIFIED.

[img]
Preview
File PDF
1. COVER.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. PERSEMBAHAN.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. MOTTO.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. PERSEMBAHAN.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. SANWACANA.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. DAFTAR ISI (use).pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. DAFTAR TABEL.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13. BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img] File PDF
14. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (54Kb)
[img]
Preview
File PDF
15. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penerapan proses pembelajaran di kelas sangat mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar. Dalam proses pembelajaran selama ini belum berjalan dengan optimal dapat dilihat dari rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas VIII-8 SMP Negeri 1 Pagelaran dengan menerapkan model pembelajaran tipe Student Team Achievement Division (STAD). Faktor yang diteliti adalah aktivitas dan hasil belajar matematika. Kegiatan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data hasil observasi diperoleh dari tes akhir tindakan setiap akhir siklus dan hasil pengamatan dari guru teman sejawat selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas siswa pada siklus 1 sebesar 38,56%, siklus 2 sebesar 70,83%, dan pada siklus 3 sebesar 88,10%. Ini berarti terjadi peningkatan aktivitas siswa dari tiap siklus sebelumnya. Persentase hasil belajar siswa yang memperoleh nilai diatas 62 sebesar 38,88%, siklus 2 sebesar 63,88%, dan pada siklus 3 siswa yang memperoleh nilai diatas 62 sebesar 83,33%. Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada setiap akhir siklus. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII-8 di SMP Negeri 1 Pagelaran. Kata Kunci: Pembelajaran, Aktivitas, Hasil Belajar, Kooperatif

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 21 Apr 2015 08:01
Terakhir diubah: 19 Oct 2015 04:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8705

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir