ANALISIS CLASSROOM DISCOURSE PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

JIHAN , TAMA FARASISKA (2025) ANALISIS CLASSROOM DISCOURSE PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (223Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3075Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2405Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis classroom discourse yang terjadi pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, dengan fokus pada kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Partisipan utama dalam penelitian ini adalah guru matematika dan 12 siswa kelas VII-1 SMP Negeri 26 Bandar Lampung semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025 yang dikelompokkan ke dalam kelompok siswa dengan kemampuan matematis tinggi, sedang, rendah, dan campuran. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dipastikan melalui triangulasi. Analisis data dilakukan melalui tiga proses, yaitu kondensasi data, penyajian data, penarikan dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bentuk classroom discourse yang dominan dimunculkan oleh siswa adalah questions dan answers; (2) indikator kemampuan berpikir kritis yang dominan muncul dalam classroom discourse adalah evaluasi; dan (3) kelompok yang dominan memunculkan classroom discourse adalah kelompok siswa dengan kemampuan matematis sedang. Kata Kunci: classroom discourse, kemampuan berpikir kritis, kemampuan matematis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (FMIPA) > Prodi S1 Matematika
Pengguna Deposit: 2308846103 . Digilib
Date Deposited: 23 May 2025 07:07
Terakhir diubah: 23 May 2025 07:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87587

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir