PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI LISAN DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG

REFIKA RAHMA, ESA (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI LISAN DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRPSI FULL TANPA LAMPIRAN..pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2534Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1940Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Leaning pada materi interaksi antar makhluk hidup dengan lingkungannya terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berkomunikasi lisan peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok yang dipilih dengan teknik Cluster Random Sampling. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest nonequivalent control group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL pada materi interaksi antar makhluk hidup berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berkomunikasi lisan peserta didik, dengan rata-rata N-Gain kelompok eksperimen sebesar 0,57 (sedang), lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol dengan rata-rata N-Gain 0,34 (rendah). Dilakukan juga uji pengaruh (Effect Size) yang menunjukkan nilai 2,3 (keterampilan proses sains) dengan interpretasi efektivitas besar. Hasil perhitungan kemampuan berkomunikasi lisan kelompokeksperimen juga mendapatkan rata-rata 71,6 dengan kategori baik, hasil ini memiliki peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol sebesar 58,7 dengan kategori cukup. Dengan demikian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model PBL berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berkomunikasi lisan peserta didik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308359424 . Digilib
Date Deposited: 27 May 2025 02:36
Terakhir diubah: 27 May 2025 02:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87731

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir