PENGARUH PENGGUNAAN LKPD BERBASIS PEER TUTORING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 6 METRO BARAT

RAFIDO , AZURI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN LKPD BERBASIS PEER TUTORING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 6 METRO BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2242Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB IV..pdf

Download (1879Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPAS kelas V Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pengaruh penggunaan LKPD berbasis peer tutoring terhadap kemampuan berpikir kritis; (2) perbedaan penerapan LKPD berbasis peer tutoring di kelas eksperimen dengan kelas non eksperimen terhadap kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian ini adalah quasi-eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group. Populasi penelitian ini adalah peserta didik SD Negeri 6 Metro Barat dengan sampel kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan kelas VB sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, total sampel 40 peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan: (1) rerata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kontrol (2) adanya pengaruh signifikan LKPD berbasis peer tutoring terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan Fhitung > Ftabel, (uji regresi linier sederhana); (3) persentase kenaikan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan (4) adanya perbedaan signifikan kelas dengan pembelajaran menggunakan LKPD berbasis peer tutoring terhadap kemampuan berpikir kritis dibanding kelas dengan pembelajaran tanpa menggunakan LKPD berbasis peer tutoring dengan thitung > ttabel.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308247269 . Digilib
Date Deposited: 02 Jun 2025 03:26
Terakhir diubah: 02 Jun 2025 03:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87868

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir