ASPEK HUKUM PENAWARAN ASURANSI JIWA MELALUI TELEMARKETING (STUDI PADA AIA FINANCIAL AREA BANDAR LAMPUNG)

0912011122, Clara Novianti (2013) ASPEK HUKUM PENAWARAN ASURANSI JIWA MELALUI TELEMARKETING (STUDI PADA AIA FINANCIAL AREA BANDAR LAMPUNG). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
halaman judul.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
halaman pengesahan.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
motto.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
riwayat hidup.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
sanwacana.pdf

Download (215Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab1.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab2.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab3.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img] File PDF
bab4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (82Kb)
[img]
Preview
File PDF
bab5.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar pustaka.pdf

Download (146Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Usaha peransuransian membawa misi ekonomi dan sosial dengan adanya premi yang dibayarkan kepada perusahaan asuransi dengan jaminan adanya transfer of risk, yaitu pengalihan risiko dari tertanggung kepada penanggung. Perjanjian asuransi yang dilakukan melalui telemarketing berpeluang timbulnya perselisihan karena dilakukan melalui telepon dan di luar kebiasaan pada umumnya. Praktik perjanjian asuransi jiwa melalui telemarketing juga dilaksanakan oleh AIA Financial area Bandar Lampung. Penulisan bertujuan untuk menganalisis waktu terjadinya perjanjian asuransi jiwa melalui telemarketing, pihak-pihak yang terlibat, serta akibat hukum asuransi jiwa yang dilakukan melalui telemarketing. Penelitian menggunakan penelitian hukum normatif empiris. Tipe penelitian bersifat deskriptif. Penelitian dilakukan melalui pendekatan normatif empiris. Data yang digunakan adalah data primer dari hasil wawancara dan polis asuransi AIA Financial dan data sekunder terdiri dari bahan-bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Pengolahan dilakukan melalui tahap pemeriksaan data, rekonstruksi data dan sistematisasi data. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis data secara kualitatif yang menguraikan sekaligus menganalisis tentang aspek hukum penawaran asuransi jiwa melalui telemarketing. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa terjadinya perjanjian asuransi jiwa melalui telemarketing yaitu sejak ditandatanganinya Surat Pengajuan Asuransi Jiwa (SPAJ). Tertanggung dan penanggung telah sepakat mengajukan dan menerima peralihan risiko. Peralihan risiko ditanggung sejak pendebetan premi pertama oleh bank. Jadi SPAJ dan bukti pendebetan premi adalah satu kesatuan karena penanggung tidak akan menanggung risiko apabila pendebetan premi pertama belum dilakukan. Pihak-pihak yang terlibat adalah Clara Novianti penanggung, pemegang polis/tertanggung, tertunjuk/penikmat, bank, dan telemarketer. Terdapat banyak pihak yang terlibat, tetapi yang terikat dalam perjanjian hanyalah penanggung dan tertanggung. Akibat hukum mengikat pihak yang terikat dalam perjanjian. Apabila penanggung tidak menanggung risiko akan diselesaikan di Pengadilan Negeri. Sedangkan akibat hukum bagi tertanggung apabila informasi yang disampaikan tidak benar adalah klaim akan ditolak oleh penanggung. Kata kunci : Penawaran, Asuransi jiwa, Telemarketing

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Pengguna Deposit: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 28 Apr 2015 02:09
Terakhir diubah: 28 Apr 2015 02:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8894

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir