KHOIRUN NURUL, MUAWANAH (2025) PENGARUH NITENI, NIROKKE, NAMBAHI (3N) KI HAJAR DEWANTARA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK_NURUL.pdf Download (328Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN_NURUL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2506Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN DAN BAB 4_NURUL.pdf Download (1727Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik 3N Ki Hajar Dewantara terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA pada materi bioteknologi dan tanggapan peserta didik terhadap penerapan teknik 3N dalam proses pembelajaran. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, kelas X.5 sebagai kelas eksperimen terdiri dari 31 peserta didik dan kelas kontrol X.7 terdiri dari 30 peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest nonequivalent control group. Data yang digunakan adalah data kuantitatif berupa data hasil pretestposttest untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif dan data kualitatif berupa angket yang digunakan untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap penggunaan teknik 3N. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik 3N berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif, dengan nilai signifikansi uji Mann Whitney-U 0,00. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif di kelas eksperimen memperoleh N-gain 0,55 yang termasuk dalam kategori sedang. Hasil angket tanggapan peserta didik terhadap teknik 3N diperoleh rata-rata persentase 74,60% dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran tersebut dapat diterima dengan baik oleh peserta didik. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, 3N Ki Hajar Dewantara, Materi Bioteknologi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2506354606 Digilib |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 01:41 |
Terakhir diubah: | 24 Jun 2025 01:41 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89471 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |