EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI LARUTAN NONELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT SERTA REDOKS

0813023030 , Hiasinta Rini Utari (2012) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI LARUTAN NONELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT SERTA REDOKS. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (481Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (124Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (554Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGESAHAN.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (148Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHA.pdf

Download (3811b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (123Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (253Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (540Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (2773Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (6Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (2724Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (5Mb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (424Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (570Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan guru da-lam memilih dan menerapkan model pembelajaran. Ketepatan memilih dan mene-rapkan model pembelajaran sangat mempengaruhi keterampilan mengelompokkan dan penguasaan konsep siswa. Model yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan penguasaan konsep siswa adalah model pem- belajaran problem solving. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivi-tas pembelajaran model problem solving dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan penguasaan konsep oleh siswa pada materi larutan nonelektrolit dan elektrolit serta redoks. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Pringsewu tahun pelajaran 2011/2012. Sampel diambil menggunakan teknik pur-posive sampling. Diperoleh kelas X 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 5 seba-gai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran problem solving diukur berdasarkan peningkatan gain yang signifikan. Hasil penelitian me-nunjukkan nilai rerata n-Gain keterampilan mengelompokkan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,61 dan 0,68 dan rerata n-Gain penguasaan kon-sep untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,42 dan 0,64. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran problem solving memiliki keterampilan mengelompokkan dan penguasaan konsep yang le-bih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menun-jukkan bahwa pembelajaran problem solving lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan penguasaan konsep oleh siswa. Kata kunci: Pembelajaran problem solving, keterampilan mengelompokkan dan penguasaan konsep

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 28 Apr 2015 02:10
Terakhir diubah: 19 Oct 2015 07:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8968

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir