0813023030 , Hiasinta Rini Utari (2012) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI LARUTAN NONELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT SERTA REDOKS. UNSPECIFIED.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (481Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (124Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (554Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (148Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHA.pdf Download (3811b) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (123Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (253Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (540Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (2773Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (6Mb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (2724Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (5Mb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (424Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (570Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan guru da-lam memilih dan menerapkan model pembelajaran. Ketepatan memilih dan mene-rapkan model pembelajaran sangat mempengaruhi keterampilan mengelompokkan dan penguasaan konsep siswa. Model yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan penguasaan konsep siswa adalah model pem- belajaran problem solving. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivi-tas pembelajaran model problem solving dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan penguasaan konsep oleh siswa pada materi larutan nonelektrolit dan elektrolit serta redoks. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Pringsewu tahun pelajaran 2011/2012. Sampel diambil menggunakan teknik pur-posive sampling. Diperoleh kelas X 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 5 seba-gai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran problem solving diukur berdasarkan peningkatan gain yang signifikan. Hasil penelitian me-nunjukkan nilai rerata n-Gain keterampilan mengelompokkan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,61 dan 0,68 dan rerata n-Gain penguasaan kon-sep untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,42 dan 0,64. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran problem solving memiliki keterampilan mengelompokkan dan penguasaan konsep yang le-bih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menun-jukkan bahwa pembelajaran problem solving lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan penguasaan konsep oleh siswa. Kata kunci: Pembelajaran problem solving, keterampilan mengelompokkan dan penguasaan konsep
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 28 Apr 2015 02:10 |
Terakhir diubah: | 19 Oct 2015 07:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8968 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |