PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN METODE PROBING-PROMTING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V A SD NEGERI 05 METRO BARAT

Nuke Zela Pratiwi, 1113053079 (2015) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN METODE PROBING-PROMTING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V A SD NEGERI 05 METRO BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (208Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (133Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (143Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (156Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (152Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (149Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (148Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (169Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (264Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (367Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (647Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (152Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V A SD Negeri 05 Metro Barat. Tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model problem based learning dan metode probing-promting. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data sikap dan keterampilan siswa menggunakan lembar observasi dan data hasil belajar pengetahuan menggunakan soal tes. Hasil belajar sikap dan keterampilan siswa dianalisis kualitatif, sedangkan data hasil belajar pengetahuan dianalisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dan metode probing-promting dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan klasikal sikap siswa pada siklus I sebesar 44,44% kemudian meningkat sebesar 38,89% pada siklus II menjadi 83,33%. Persentase ketuntasan klasikal keterampilan siswa pada siklus I sebesar 61,11% kemudian meningkat sebesar 27,78% pada siklus II menjadi 88,89%. Nilai rata-rata klasikal hasil belajar pengetahuaan siswa pada siklus I yaitu 71,72 meningkat sebesar 10,06 pada siklus II menjadi 81,78. Persentase ketuntasan klasikal pengetahuan siswa pada siklus I yaitu 66,67%, meningkat sebesar 22,22% pada siklus II menjadi 88,89%. Kata kunci : hasil belajar, probing-promting, problem based learning.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
> Q Science (General)
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 3008242 . Digilib
Date Deposited: 04 Jun 2015 02:35
Terakhir diubah: 04 Jun 2015 02:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10133

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir