STRATEGI KOMUNIKASI MC (MASTER OF CEREMONY) DALAM MEMANDU ACARA FESTIVAL MUSIK INDIE OUTDOOR DI BANDAR LAMPUNG

CITA ADELIA RACHMASARI, 1116031028 (2015) STRATEGI KOMUNIKASI MC (MASTER OF CEREMONY) DALAM MEMANDU ACARA FESTIVAL MUSIK INDIE OUTDOOR DI BANDAR LAMPUNG. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR BAGAN.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (282Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENYETUJUI.pdf

Download (477Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWANCANA.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (316Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (123Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (66Kb)
[img] File PDF
BAB V.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (376Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB VI.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Banyak hal-hal yang harus diperhatikan MC dalam memandu acara, terlebih jika acaranya berada di luar ruangan. Festival musik indie outdoor merupakan contoh acara yang memiliki penonton dengan jumlah banyak dan berasal dari semua kalangan, baik anak-anak, remaja dan dewasa. Tidak jarang, dalam acara ini banyak terjadi keributan karena beberapa penonton memiliki sifat mudah terpancing emosi pada hal kecil dan berujung perkelahian. Selain itu dalam acara ini tidak hanya menampilkan band-band indie saja, acara pendukung seperti games, bazaar, dll yang membutuhkan MC sebagai penghubung antara penonton, pengisi acara juga penyelenggara acara. Dalam hal ini strategi komunikasi MC sangat dibutuhkan agar suasana acara menjadi kondusif dan sukses. Strategi komunikasi yang dimaksud dalam penelitian ini diantaranya sasaran komunikasi, media komunikasi, tujuan pesan komunikasi, peran MC serta komunikasi verbal dan komunikasi non verbal yang digunakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana strategi komunikasi Master of Ceremony dalam memandu acara festival musik indie outdoor di Bandar Lampung. Pada aspek sasaran komunikasi, MC mengetahui siapa saja dan seperti apa khalayak yang akan dihadapinya. Dengan begitu maka komponen motivasi, pengetahun dan keterampilan memutuskan apakah MC akan tetap melakukan komunikasi atau tidak sama sekali. Pada aspek media komunikasi yang digunakan MC diantaranya mikrofon dan que card. Tujuannya untuk mempermudah penyampaian pesan atau informasi serta sebagai sarana yang dapat membangkitkan motivasi. Pesan yang disampaikan MC yaitu pesan dan informasi yang berkaitan dengan rundown acara. Tujuannya agar penonton mengetahui isi acara yang mereka bawakan diatas panggung. Untuk itu MC memerlukan pengetahuan, keterampilan dan motivasi agar tujuan pesan mudah disampaikan ke penonton. Peran MC harus disesuaikan dengan fungsi sebagai MC, artinya motivasi, pengeatahuan dan keterampilan dibutuhkan diatas panggung. Dalam penerapan pengetahuan, MC tau kegunaan komunikasi verbal dan non verbal. Kedua hal ini erat kaitannya degan pengetahuan dalam pengaplikasiannya. Hal ini berguna agar menghasilkan hasil yang efektif. Teori yang digunakan adalah teori komunikasi kompetensi, yaitu penggunaan perilaku verbal dan nonverbal untuk mencapai hasil yang diinginkan dengan cara yang sesuai dengan konteks, situasi, dan komunikator. Model yang sering digunakan untuk menjelaskan kompetensi ini adalah model komponen yang meliputi tiga komponen, yaitu motivasi, pengetahuan dan keterampilan. Dalam komponen motivasi, MC harus memiliki motivasi positif dalam setiap aspek strategi komunikasi. Selanjutnya motivasi ini akan berindikasi pada seseorang yang berprofesi sebagai MC untuk tetap melakukan atau tidak melakukan upayaupaya yang menghasilkan hubungan komunikasi yang positif. Pengetahuan menuntun seorang MC untuk tahu tentang apa yang harus dikatakan dan dilakukan dalam setiap aspek strategi komunikasi dan memberitahu prosedur bagaimana aspek tersebut dapat diterapan kepada khalayak. Pada akhirnya akan menimbulkan aksi pada MC untuk menunjukan keterampilan-keterampilan yang dilakukan diatas panggung. Saran peneliti dalam penelitian ini adalah diharapkan dapat menerapkan dan mengaplikasikan semua fungsi-fungsi dari MC. Bagi peneliti yang ingin melakukan penelitian yang sama atau sejenis untuk dapat lebih memperluas lagi pembahasan-pembahasan tentang strategi komunikasi dan public speaking. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Master of Ceremony, Kompetensi Komunikasi, Festival Musik Indie Abstrak Bahasa Inggris There are many aspects that need to be aware of by a master of ceremony, especially if the event takes place in outdoor space such as indie music festival. Local outdoor music festival is one of the examples that is identical with the crowd audience, in this event we could classify it into children, adult it can be from children, adolescence and adult. Audience of indie music festival are classified as emotional audience. They might sometimes cause a riot by just staring at one to another. Also in this events provide some booth, games, and others that need master of ceremony to connecting between audiences, guest star and the commitees. In response to this phenomenon, master of ceremony is needed to come up with a strategy to restore the situation back to normal (not chaotic). The communication strategy includes the target of the communication, the media that master of ceremony used on the stage, purpose of the key messages, the role of the master of ceremony and the use of verbal and non-verbal communication. The research problem of this thesis is on how master of ceremony could apply his/her communication skills strategy in leading an outdoor indie music festival in Bandar Lampung. The results of this research consist of several components such as motivation, positive attitude of the MC for every communication strategy. This strategy will be further determining whether or not the MC puts his/her efforts which result to positive communication. Acquiring a good knowledge is important for MC to identify what he/she should say and do for every communication strategy aspect, as well as to understand the procedure on how this aspect could be implemented to the audience. As a result, MC will show his/her talents/ability as a MC on the stage. The theory of research used by the writer is communication competence which means that the use of verbal and non verbal communication to reach the successful result based on the context, situation and communicator. The purpose model that is often used in this theory is to explain the competence which includes three components such as motivation, knowledge and skill. The objective of this research is to know the target of the communication. So that the components (motivation, education and skill) may decide to whether or not keep the communication going. The media that master of ceremony used in this event are microphone and que card. The purpose of those media help the master of ceremony to deliver their and information for the audience. The information is related with the rundown that commitees given to the master of ceremony. Thats why in this case the master of ceremony really need the motivation, education and skill. In the application of knowledge competency, master of ceremony does not only have to communicatte with the audiences, but they also have to understand the messages delivered to the audience by using verbal and non verbal communication. The use of verbal and non-verbal communication is closely related to the knowledge and skill competencies which are useful for producing an effective and targeted result. The writer has few suggestions on the conducted research that the functions of MC could be well performed on the stage, and for the other researchers who are interested in doing the same research topic, the writer encourages them to elaborate more the discussions on communication strategies and public speaking. Keywords: Communication Strategy, Master of Ceremony, Communication Competence, Music Indie Festival

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HE Transportation and Communications
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2891964 . Digilib
Date Deposited: 30 Oct 2015 06:56
Terakhir diubah: 30 Oct 2015 06:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14221

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir