PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IX.A DI SMPN 12 KOTABUMI LAMPUNG UTARA TP. 2010/2011

0923031036, Saifi (2011) PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IX.A DI SMPN 12 KOTABUMI LAMPUNG UTARA TP. 2010/2011. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (731Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 1.pdf

Download (3031Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover 2.pdf

Download (141Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (120Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 5.pdf

Download (1153Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar gambar.pdf

Download (399Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 3.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (1414Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabel.pdf

Download (539Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar pustaka.pdf

Download (1197Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
kata pengantar.pdf

Download (576Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
motto.pdf

Download (203Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pernyataan.pdf

Download (208Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (187Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 2.pdf

Download (12Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
riwayat hidup.pdf

Download (339Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
T e s i s.pdf

Download (1213Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Tabel.pdf

Download (668Kb) | Preview
[img] File PDF
bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (22Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Keberhasilan sebuah proses pembelajaran antara lain ditentukan dan dipengaruhi oleh sejauhmana persiapan yang dilakukan oleh gum selaku fasilitator pendidikan dalam melaksanakan proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di kelas IX.A pada SMPN 12 Kotabumi, aktivitas dan hasil belajar IPS masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan aktivitas belajar, (2) meningkatkan prestasi belajar. Untuk mengatasi hal tersebut akan digunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa, penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (Action Research) dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, test dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dengan melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada kelas IX.A di SMPN 12 Kotabumi temyata dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar pada siklus 1 pertemuan pertama sebesar 28,6%,(10 siswa) pertemuan kedua sebesar 48,5% (16 siswa) dan pada siklus 2 pertemuan pertama sebesar 77,1% (27 siswa) dan pertemuan kedua sebesar 91,2% (31 siswa). Peningkatan prestasi belajar pada siklus 1 pertemuan pertama sebesar 28,6% (10 siswa), pertemuan kedua sebesar 54,5% (18 siswa) dan pada siklus 2 pertemuan pertama sebesar 68,6% (24 siswa) dan pertemuan kedua sebesar 83,3% (30 siswa). Kata kunci: Jigsaw, Aktivitas belajar dan Prestasi belajar.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 20 Nov 2015 01:51
Terakhir diubah: 20 Nov 2015 01:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14423

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir