0923031036, Saifi (2011) PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IX.A DI SMPN 12 KOTABUMI LAMPUNG UTARA TP. 2010/2011. Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (731Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (3031Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (141Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 5.pdf Download (1153Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (399Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (4Mb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (1414Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (539Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (1197Kb) | Preview |
|
|
File PDF
kata pengantar.pdf Download (576Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (203Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (208Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (187Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (12Mb) | Preview |
|
|
File PDF
riwayat hidup.pdf Download (339Kb) | Preview |
|
|
File PDF
T e s i s.pdf Download (1213Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Tabel.pdf Download (668Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (22Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Keberhasilan sebuah proses pembelajaran antara lain ditentukan dan dipengaruhi oleh sejauhmana persiapan yang dilakukan oleh gum selaku fasilitator pendidikan dalam melaksanakan proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di kelas IX.A pada SMPN 12 Kotabumi, aktivitas dan hasil belajar IPS masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan aktivitas belajar, (2) meningkatkan prestasi belajar. Untuk mengatasi hal tersebut akan digunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa, penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (Action Research) dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, test dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dengan melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada kelas IX.A di SMPN 12 Kotabumi temyata dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar pada siklus 1 pertemuan pertama sebesar 28,6%,(10 siswa) pertemuan kedua sebesar 48,5% (16 siswa) dan pada siklus 2 pertemuan pertama sebesar 77,1% (27 siswa) dan pertemuan kedua sebesar 91,2% (31 siswa). Peningkatan prestasi belajar pada siklus 1 pertemuan pertama sebesar 28,6% (10 siswa), pertemuan kedua sebesar 54,5% (18 siswa) dan pada siklus 2 pertemuan pertama sebesar 68,6% (24 siswa) dan pertemuan kedua sebesar 83,3% (30 siswa). Kata kunci: Jigsaw, Aktivitas belajar dan Prestasi belajar.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 20 Nov 2015 01:51 |
Terakhir diubah: | 20 Nov 2015 01:51 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14423 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |