0713056314, Sri Sulasih (2010) EFEKTIVITAS METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATERI MASALAH SOSIAL IPS KELAS IV SDN 1 RATNA DAYA KECAMATAN RAMAN UTARA LAMPUNG TIMUR 2010. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I aSEh eta.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II aSEH.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (58Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GRAFIK.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Judul e.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Sampul Aseh.pdf Download (57Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran materi masalah-masalah sosial sangatlah menarik dan sangatlah penting karena berkaitan langsung dengan kehidupan siswa di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kulitas pembelajaran materi masalah-masalah sosial IPS menggunakan metode pemecahan masalah siswa kelas IV SDN 1 Ratna Daya Kecamatan Raman Utara Lampung Timur 2010. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 23 orang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas yang diterapkan melalui dua siklus. Setiap siklus melalui langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, dokumen hasil belajar siswa, dan wawancara. Metode pemecahan masalah dapat meningkatkan kualitas pembelajaran masalahmasalah sosial dam pembelajaran IPS kelas IV SDN 1 Ratna Daya Kecamatan Raman Utara. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 74,35 meningkat pada siklus II menjadi 86,96 atau meningkat 12,61. Dalam rangka meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran IPS di SD maka dalam kesempatan ini penulis mengajukan beberapa saran sebagai berikut: Metode pemecahan masalah sangat cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran masalah-masalah sosial dalam IPS diharapkan guru kelas dapat menerapkan metode ini dalam pembelajaran yang lebih bermakna. Hendaknya guru kelas dalam KKG dapat meningkatkan profesionalitasnya dengan mengadakan pelatihan tentang metode-metode pembelajaran yang dapat diterapkan sesuai dengan materi yang akan dipelajari.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 14 Dec 2015 01:48 |
Terakhir diubah: | 14 Dec 2015 01:48 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15663 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |