STUDI PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SEMESTER I MATA PELAJARAN IPS TERPADU SMP NEGERI 1 BATANGHARI TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Mat Nawawi, Rika Melia Sari (2014) STUDI PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SEMESTER I MATA PELAJARAN IPS TERPADU SMP NEGERI 1 BATANGHARI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMANA PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (203Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (312Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (423Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (511Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (250Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2430Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah ada perbedaan rata-rata hasil belajar IPS Terpadu menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw dengan tipe STAD (Student Teams Achievement of Division). 2) apakah rata-rata hasil belajar IPS Terpadu menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan tipe STAD (Student Teams Achievement of Division). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan komparatif. Alat pengumpul data berupa tes pilihan ganda sebanyak 40 soal kepada 54 siswa. Hasil penelitian menunjukkan; a) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar IPS Terpadu menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw dengan tipe STAD. Berdasarkan analisis data diperoleh signifikan 2,09 > 1,67 berarti hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan tipe Jigsaw dengan tipe STAD (Students Team Achievement of Division). b) rata-rata hasil belajar IPS Terpadu menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan tipe STAD. Berdasarkan perbandingan rata-rata hasil belajar yaitu 78,70 > 74,33, berarti hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar IPS Terpadu menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan tipe STAD (Students Team Achievement of Division). Kata kunci : Hasil belajar, Jigsaw, STAD (Student Teams Achievement of Division).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HB Economic Theory
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 12 May 2014 05:16
Terakhir diubah: 12 May 2014 05:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1572

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir