0813023049, Sulastri (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADAMATERI REAKSI REDOKS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBERIKAN ALASAN DAN MENARIK KESIMPULAN SERTA PENGUASAAN KONSEP SISWA. Digital Library.
|
File PDF
BAB I.pdf Download (199Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (240Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (330Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab V .pdf Download (84Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (237Kb) |
||
|
File PDF
dapus.pdf Download (174Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1.COVER.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2.abstrak.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3.cover dalam.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4.penyetujuan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5.MENGESAHKAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. PERSEMBAHAN.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. M O T T O.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. SANWACANA.pdf Download (269Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (72Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan keterampilan mem¬¬berikan ala-san, keterampilan menarik kesimpulan dan penguasaan kon¬sep siswa pada materi reaksi redoks. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Rumbia tahun pelajaran 2011-2012 dengan kelas X4 dan X5 sebagai sam¬pel. Pe¬ne-litian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non¬equivalent Control Group Design dan menggunakan uji parametrik dengan uji t'. Efektivitas model pembelajaran berbasis masalah diukur berdasarkan peningkatan n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain kete-ram¬pilan memberikan alasan untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 0,46 dan -0,31; rata-rata n-Gain keterampilan menarik kesimpul¬an untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 0,51 dan 0,17; dan rata-rata n-Gain untuk pengu¬asaan konsep untuk kelas eksperimen dan kelas kon¬trol berturut-turut adalah 0,41 dan -0,51 Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa siswa di kelas yang diterapkan model pembelajaran berbasis masalah memiliki keterampilan mem¬¬berikan alasan dan ke¬te-rampilan menarik kesimpulan serta penguasaan kon¬sep yang lebih tinggi diban-dingkan siswa di kelas yang diterap¬kan pembelajaran konvensional. Hal ini me¬nun-jukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah efektif dalam meningkat¬kan keterampilan mem¬¬berikan alasan dan keterampilan menarik kesimpulan serta penguasaan kon¬sep siswa. Kata kunci: Model pembelajaran berbasis masalah, kete¬ram¬pilan memberikan alasan, keterampilan menarik kesimpulan, penguasaan konsep.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 29 Dec 2015 03:42 |
Terakhir diubah: | 29 Dec 2015 03:42 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16260 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |