EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADAMATERI REAKSI REDOKS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBERIKAN ALASAN DAN MENARIK KESIMPULAN SERTA PENGUASAAN KONSEP SISWA

0813023049, Sulastri (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADAMATERI REAKSI REDOKS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBERIKAN ALASAN DAN MENARIK KESIMPULAN SERTA PENGUASAAN KONSEP SISWA. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (199Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (240Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (330Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab V .pdf

Download (84Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (237Kb)
[img]
Preview
File PDF
dapus.pdf

Download (174Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1.COVER.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2.abstrak.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3.cover dalam.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4.penyetujuan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5.MENGESAHKAN.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. PERSEMBAHAN.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. M O T T O.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. SANWACANA.pdf

Download (269Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (72Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan keterampilan mem¬¬berikan ala-san, keterampilan menarik kesimpulan dan penguasaan kon¬sep siswa pada materi reaksi redoks. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Rumbia tahun pelajaran 2011-2012 dengan kelas X4 dan X5 sebagai sam¬pel. Pe¬ne-litian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non¬equivalent Control Group Design dan menggunakan uji parametrik dengan uji t'. Efektivitas model pembelajaran berbasis masalah diukur berdasarkan peningkatan n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain kete-ram¬pilan memberikan alasan untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 0,46 dan -0,31; rata-rata n-Gain keterampilan menarik kesimpul¬an untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 0,51 dan 0,17; dan rata-rata n-Gain untuk pengu¬asaan konsep untuk kelas eksperimen dan kelas kon¬trol berturut-turut adalah 0,41 dan -0,51 Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa siswa di kelas yang diterapkan model pembelajaran berbasis masalah memiliki keterampilan mem¬¬berikan alasan dan ke¬te-rampilan menarik kesimpulan serta penguasaan kon¬sep yang lebih tinggi diban-dingkan siswa di kelas yang diterap¬kan pembelajaran konvensional. Hal ini me¬nun-jukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah efektif dalam meningkat¬kan keterampilan mem¬¬berikan alasan dan keterampilan menarik kesimpulan serta penguasaan kon¬sep siswa. Kata kunci: Model pembelajaran berbasis masalah, kete¬ram¬pilan memberikan alasan, keterampilan menarik kesimpulan, penguasaan konsep.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 29 Dec 2015 03:42
Terakhir diubah: 29 Dec 2015 03:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16260

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir