PENGEMBANGAN KOMIK PENDIDIKAN EKONOMI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMA/MA KELAS X SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2011/2012

, MISWANTO (2012) PENGEMBANGAN KOMIK PENDIDIKAN EKONOMI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMA/MA KELAS X SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Masters thesis, Fakultas KIP.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI FINAL.pdf - Published Version

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (181Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (193Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (365Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (38Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (3191Kb)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa buku komik pendidikan ekonomi dan untuk mengetahui efektifitas produk tersebut. Desain penelitian menggunakan desai Research and Development (R&D). Desain pengembangan sumber belajar mengikuti langkah-langkah Dick and Carey. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Metro Kota Metro. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, sampel diambil 6 kelas, yaitu kelas XA, XB dan XI untuk kelas eksperimen dan kelas XC,XE,dan XF untuk kelas kontrol. Pertimbangan pengambilan sampel tersebut adalah keenam kelas tersebut mempunyai prestasi belajar yang relatif sama. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) hasil angket penilaian ahli materi, ahli komik, ahli pembelajaran dan siswa terhadap produk yang dikembangkan cukup baik, sangat relevan, cukup sistematis, cukup tepat, cukup konsisten dan sangat menarik sehingga layak untuk digunakan; (2) hasil ujicoba produk hasil pengembangan, yaitu rata-rata prestasi belajar siswa yang menggunakan komik ekonomi sebagai sumber belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada ratarata prestasi belajar kelas kontrol yang menggunakan sumber belajar konvensional. Secara statistik, perbedaan prestasi belajar tersebut mempunyai perbedaan yang signifikan. Kata Kunci : Komik Pendidikan Ekonomi, Sumber Belajar

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 20 May 2014 01:24
Last Modified: 20 May 2014 01:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1635

Actions (login required)

View Item View Item