, YUNANTO NUR AFANDI (2013) PENGARUH SKILL REPRESENTASI MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP LITERASI SAINS SISWA SMP. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER.pdf - Published Version Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (376Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (351Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (164Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (229Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (328Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (70Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (2398Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pelajaran fisika dianggap siswa merupakan mata pelajaran yang sulit karena banyak menggunakan rumus dan angka. Upaya yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan literasi sains pada materi gaya, yaitu mengenalkan skill representasi dan pembelajaran kontekstual. Berdasarkan hal tersebut, peneliti telah melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh skill representasi menggunakan model kontekstual terhadap literasi sains siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh skill representasi terhadap literasi sains menggunakan model pembelajaran kontekstual pada siswa SMP, dan (2) mengetahui peningkatan literasi sains menggunakan model pembelajaran kontekstual pada siswa SMP. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 29 Bandar Lampung menggunakan satu kelas, yaitu kelas VIIIa dengan jumlah sampel 38 siswa dan menggunakan desain Minimal Control (One-Group Pretest-Posttest). Pada penelitian ini diperoleh data skill representasi, data pretest dan posttest literasi sains yang berdistribusi normal dan linier. Kemudian untuk menguji pengaruh dilakukan uji korelasi dan regresi linear sederhana antara data skill Yunanto Nur Afandi representasi dan data posttest literasi sains, sedangkan untuk mengetahui peningkatan literasi sains dilakukan perhitungan persentase kenaikan skor N-gain, dan uji paired samples t test dari data pretest dan posttest literasi sains siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif linear yang kuat dan signifikan antara skill representasi terhadap literasi sains siswa dengan kontribusi sebesar 41,86% dan persamaan regresinya adalah Y = 6,156 + 1,065X, dan (2) terjadi peningkatan yang signifikan dari literasi sains dengan menggunakan pembelajaran kontekstual, dengan kenaikan skor rata-rata sebesar 38 % dan nilai N-gain rata-rata 0,49 yang termasuk dalam kategori sedang. Kata kunci : skill representasi , pembelajaran kontekstual , literasi sains.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > QC Physics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 28 May 2014 07:15 |
Terakhir diubah: | 28 May 2014 07:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1738 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |