Murni, Eni Hastuti (2014) PENINGKATAN PEMAHAMAN ASPEK MORAL TOKOH UTAMA WANITA DALAM CERPEN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INDUKTIF MODEL TABA PADA SISWA KELAS XI BAHASA MAN 1 MODEL BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (128Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (127Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (114Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (171Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (240Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1531Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (38Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar khususnya pemahaman aspek moral tokoh utama wanita dalam cerpen melalui strategi pembelajaran induktif model Taba di MAN 1 Model Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif melalui penelitian tindakan kelas. Prosedur dalam penelitian dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Objek penelitian adalah siswa kelas XI Bahasa MAN 1 Model Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 40 siswa, terdiri atas 24 siswa putri dan 16 siswa putra. Tes yang digunakan dalam peningkatan pemahaman aspek moral utama wanita dalam cerpen adalah tes lisan melalui strategi pembelajaran induktif model Taba. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran induktif model Taba dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap aspek moral tokoh utama wanita dalam cerpen pada setiap siklus. Demikian juga, aktivitas siswa mengalami peningkatan. Nilai pemahaman aspek moral tokoh utama wanita dalam cerpen melalui strategi pembelajaran induktif model Taba pada siklus I diperoleh rata-rata 71,64 dengan kategori cukup, siklus II diperoleh rata-rata 78,50 dengan kategori baik, dan pada siklus III diperoleh rata-rata 85,50 dengan kategori sangat baik. Hasil ketuntasan belajar siswa pada siklus I 35%, siklus II 92,5%, dan siklus III 100%. Hasil ini mengalami peningkatan yang cukup baik dari siklus I sampai siklus III dan sudah mencapai indikator yang ditetapkan. Dari hasil penelitian tidakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan pemahaman aspek moral tokoh utama wanita dalam cerpen melalui strategi pembelajaran induktif model Taba dapat meningkatkan kemampuan apresiasi sastra siswa. Kata kunci: pemahaman aspek moral, cerpen, strategi induktif This research aimed to increase students’ achievement especially to increase the understanding of moral aspect of female character in a short story through Taba model inductive learning strategy in MAN 1 Model Bandar Lampung Academic Year 2013/2014. The method used in this research was qualitative descriptive through classroom action research. The research procedures conducted in three cycles. The research objects were the students of class XI Language of MAN 1 Model Bandar Lampung Academic Year 2013/2014 that consisted of 40 students, in which there were 24 female students and 16 male students. The test used in increasing the understanding of moral aspect of female character in the short story was oral through Taba inductive learning strategy model. The results showed the process of inductive learning could increase students’ understanding in moral aspects of female main character in a short story in each cycle. Likewise, activity students’ increased. The score of understanding the moral aspect of female main character in a short story through Taba inductive learning strategy model in cycle I it was gained mean 71,64 in enough category, cycle II gained mean 78,50 with good category, and in cycle III gained mean 85,50 with very good category. The result of students’ learning accomplishment had a good increase in cycle I 35%, cycle II 92,5%, and cycle III 100%. This result had a good increase from cycle I to cycle III and had reached the expected indicator. From the result of this classroom action research it can be concluded that the increase of moral aspect understanding of female character in a short story through Taba model inductive learning strategy can increase students’ literary appreciation ability. Key words : moral aspect understanding, short story, inductive strategy
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > P Philology. Linguistics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 05 Jul 2014 04:33 |
Terakhir diubah: | 05 Jul 2014 04:33 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2176 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |