HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH DAN KADAR HEMOGLOBIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG

NI MADE AGUSURIYANI DIANA PUTRI, (2014) HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH DAN KADAR HEMOGLOBIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG. Universitas Lampung, Fakultas Kedokteran.

[img]
Preview
FIle PDF
COVER DALAM.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRACT.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (323Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (360Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf

Download (170Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf

Download (191Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (191Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89Kb) | Preview

Abstrak

Kualitas sumber daya manusia (SDM) merupakan syarat mutlak pembangunan di segala bidang. Kualitas SDM dapat dilihat salah satunya melalui prestasi belajar yang dipengaruhi antara lain oleh Indeks Massa Tubuh (IMT) dan kadar hemoglobin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan IMT dan kadar hemoglobin terhadap prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan rancangan cross sectional terhadap siswa di SMP Negeri 22 Bandar Lampung. Sampel berjumlah 78 orang yang diambil dengan metode disproportionated stratified random sampling. IMT diformulasikan dari berat badan dan tinggi badan. Kadar hemoglobin diperoleh dari pemeriksaan darah vena. Prestasi belajar diperoleh dari nilai Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, matematika dan nilai rata-rata mid semester. Data dianalisis secara univariat dan bivariat dengan uji korelasi Pearson dan Spearman. Sebagian besar sampel penelitian berjenis kelamin perempuan (52,6%) dan berumur rata-rata 13,5 tahun. Rata-rata IMT 19,3 kg/m 2 , kadar hemoglobin 13,7 gr/dL, nilai Bahasa Indonesia 72,2, nilai Bahasa Inggris 72,4, nilai IPA 66,8, nilai matematika 52,9 dan nilai rata-rata mid semester 72,2. Hasil analisis bivariat menunjukkan IMT memiliki hubungan positif bermakna terhadap nilai Bahasa Indonesia (r=0,233; p=0,05), nilai Bahasa Inggris (r=0,565; p<0,05), nilai IPA (r=0,370; p<0,05) dan nilai rata-rata mid semester (r= 0,534; p<0,05). Kadar Hemoglobin memiliki hubungan positif bermakna terhadap nilai Bahasa Indonesia (r=0,453; p<0,05), nilai Bahasa Inggris (r=0,534; p<0,05), nilai IPA (r=0,380; p<0,05), nilai matematika (r=0,415; p<0,05) dan nilai rata-rata mid semester (r=0,672; p<0,05). Maka, dapat disimpulkan bahwa IMT dan kadar hemoglobin memiliki hubungan positif bermakna terhadap prestasi belajar. Kata kunci: IMT, kadar hemoglobin, prestasi belajar, siswa SMP

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > R Medicine (General)
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 24 Jul 2014 03:03
Terakhir diubah: 24 Jul 2014 03:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2433

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir