NI MADE AGUSURIYANI DIANA PUTRI, (2014) HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH DAN KADAR HEMOGLOBIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG. Universitas Lampung, Fakultas Kedokteran.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (323Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (360Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (170Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (191Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (191Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kualitas sumber daya manusia (SDM) merupakan syarat mutlak pembangunan di segala bidang. Kualitas SDM dapat dilihat salah satunya melalui prestasi belajar yang dipengaruhi antara lain oleh Indeks Massa Tubuh (IMT) dan kadar hemoglobin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan IMT dan kadar hemoglobin terhadap prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan rancangan cross sectional terhadap siswa di SMP Negeri 22 Bandar Lampung. Sampel berjumlah 78 orang yang diambil dengan metode disproportionated stratified random sampling. IMT diformulasikan dari berat badan dan tinggi badan. Kadar hemoglobin diperoleh dari pemeriksaan darah vena. Prestasi belajar diperoleh dari nilai Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, matematika dan nilai rata-rata mid semester. Data dianalisis secara univariat dan bivariat dengan uji korelasi Pearson dan Spearman. Sebagian besar sampel penelitian berjenis kelamin perempuan (52,6%) dan berumur rata-rata 13,5 tahun. Rata-rata IMT 19,3 kg/m 2 , kadar hemoglobin 13,7 gr/dL, nilai Bahasa Indonesia 72,2, nilai Bahasa Inggris 72,4, nilai IPA 66,8, nilai matematika 52,9 dan nilai rata-rata mid semester 72,2. Hasil analisis bivariat menunjukkan IMT memiliki hubungan positif bermakna terhadap nilai Bahasa Indonesia (r=0,233; p=0,05), nilai Bahasa Inggris (r=0,565; p<0,05), nilai IPA (r=0,370; p<0,05) dan nilai rata-rata mid semester (r= 0,534; p<0,05). Kadar Hemoglobin memiliki hubungan positif bermakna terhadap nilai Bahasa Indonesia (r=0,453; p<0,05), nilai Bahasa Inggris (r=0,534; p<0,05), nilai IPA (r=0,380; p<0,05), nilai matematika (r=0,415; p<0,05) dan nilai rata-rata mid semester (r=0,672; p<0,05). Maka, dapat disimpulkan bahwa IMT dan kadar hemoglobin memiliki hubungan positif bermakna terhadap prestasi belajar. Kata kunci: IMT, kadar hemoglobin, prestasi belajar, siswa SMP
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > R Medicine (General) |
Program Studi: | Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 24 Jul 2014 03:03 |
Terakhir diubah: | 24 Jul 2014 03:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2433 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |