Karel Bangun, 1021011020 (2014) ANALISI PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA PEGADAIAN CABANG KEDATON BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
Abstrak Indonesia.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak Inggris.pdf Download (160Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Cover Dalam.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Halaman Persetujuan.pdf Download (157Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Halaman Pengesahan.pdf Download (158Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Lembar Pernyataan.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Riwayat Hidup.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Persembahan.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Moto.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Sanwacana.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Tabel.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Gambar.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 1.pdf Download (309Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 2.pdf Download (156Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 3.pdf Download (216Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (672Kb) |
||
|
File PDF
Bab 5.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf Download (103Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK BAHASA INDONESIA: ABSTRAK ANALISIS PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA PEGADAIAN CABANG KEDATON BANDAR LAMPUNG Oleh KAREL BAGINTO BANGUN Perum Pegadaian menerapkan pelayanan dengan motto ”mengatasi masalah tanpa masalah” yang diharapkan dapat memuaskan tetapi pada kenyataannya terjadi penurunan jumlah konsumen di Pegadaian Cabang Kedaton Bandar Lampung pada Tahun 2007- 2011. Pilihan menggunakan jasa gadai merupakan perilaku keputusan membeli yang dipengaruhi oleh banyak factor masalah yang dihadapi pegadaian adalah terjadi penurunan jumlah konsumen sepanjang tahun 2008-2012. Berdasarkan hal tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apakah yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam menggunakan jasa gadai. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam memilih jasa gadai yang pada akhirnya dapat meningkatkan jumlah konsumen di Perum Pegadaian Cabang Kedaton Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan survey. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen Perum Pegadaian Cabang Kedaton Bandar Lampung pada Tahun 2013 yaitu sebanyak 27.518 dan dari jumlah tersebut sampel yang terpilih sebanyak 100 orang melalui teknik proporsionate random sampling. Adapun alat analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Berdasarkan hasil penelitian ada empat faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam memilih jasa gadai yaitu faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor personal dan faktor psikologis. Dan dengan menggunakan analisi linier berganda maka persamaan regresi yang diperoleh adalah Y=0,396(a)+ 0,952(X1)+0,419 (X2)+0,503(X3)+0,375(X4). Dari hasil tersebut, maka dapat diketahui bahwa faktor kebudayaan paling berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam memilih jasa gadai daripada faktor yang lainnya. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa segmentasi pasar pegadaian rata-rata wanita yang berusia 20 – 30 tahun dengan tingkat pendidikan SMA dan memiliki penghasilan 2.1 juta sampai dengan 3 juta rupiah. Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah Agar Perum Pegadaian Cabang Kedaton dapat mengupayakan produk pegadaian tetap menjadi rujukan bagi konsumen dalam mengatasi kesulitan keuangan, hal ini dapat dilakukan dengan cara meningkatkan komunikasi atau sosialisasi sehingga tercipta kedekatan dengan konsumen, dan juga menciptakan produk yang dapat membuat konsumen merasa istimewa, selain itu pegadaian juga harus meningkatkan kualitas pelayanan yang ada sehingga konsumen dapat dengan mudah memperoleh perbedaan kualitas produk dengan produk kompetitor. Abstract bahasa inggris : ABSTRACT ANALYSIS OF FACTORS AFFECTING CONSUMER BEHAVIOR PEGADAIAN BRANCH KEDATON BANDAR LAMPUNG By KAREL BAGINTO BANGUN Pegadaian apply service with the motto "solve the problem without the problem" is expected to be satisfactory, but in fact a decline in the number of consumers in Pegadaian Branch Kedaton Bandar Lampung in the year 2007 to 2011. It turns out the choice of using a pawnbroking service consumer behavior specified in the decision to buy or use a form that is influenced by many factors. Problem of Pegadaian is the decreasing consumer of pegadaian since 2008-2012. Based on this, the problem in this study is whether the factors that influence consumer behavior in using pawnbroking service. Thus this study aims to analyze the factors that influence consumer behavior in choosing the mortgage services, which in turn can increase the number of consumers in Pegadaian Branch Kedaton Bandar Lampung. The method used in this study was a descriptive survey approach. The population used in this study is that consumers Kedaton Pegadaian Branch in Bandar Lampung in 2013 as many as 27.518 and the number of the selected sample of 100 people over proporsionate random sampling technique. The analysis tool used is the Linear Regression Analysis. Based on the results of the study, there are four factors that influence consumer behavior in choosing the mortgage that cultural factors, social factors, personal factors and psychological factors. And linear regression analysis using the regression equation obtained was Y = 0.396 (a) + 0.952 (X1) +0.419 (X2) +0.503 (X3) +0.375 (X4). From these results, it can be seen that the most influential cultural factors on consumer behavior in choosing the mortgage services than any other factor. The results also show that the mortgage market segmentation average woman aged 20-30 years with a high school education and have an income of 2.1 million to 3 million dollars. Suggestions can be submitted in order for this research was Pegadaian Branch Kedaton can seek mortgage products remain a reference for consumers in overcoming financial difficulties, this can be done by improving the communication or dissemination so as to create closeness with consumers, and also create a product that can make consumers feel special, but it should also improve the quality of mortgages existing services so that consumers can easily obtain the difference in the quality of products with competitors' products.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen S2 |
Pengguna Deposit: | 316923 . Digilib |
Date Deposited: | 28 Aug 2014 03:00 |
Terakhir diubah: | 28 Aug 2014 03:00 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3101 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |