Nawawi (almarhum) , SRI YANTINA (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SUMUR PUTRI TELUK BETUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf - Published Version Download (499Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf - Published Version Download (478Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (240Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (95Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (150Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (240Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (394Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (86Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (4Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 2 Sumur Putri Teluk Betung Utara Bandar Lampung yang dilakukan masih bersifat konfensional, yakni penyampaian materi dengan ceramah, dan siswa belum dilibatkan secara langsung dalam pemecahan masalah Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Sumur Putri tahun pelajaran 2012-2013 melalui pendekatan Realistik. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan siklus-siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan/observasi, dan 4) refleksi. Data yang diperoleh pada setiap tahapan penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan Pendidikan Realistik Matematika dalam proses pembelajaran Matematika pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sumur Putri tahun pelajaran 2012-2013 dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata siswa dalam kegiatan pembelajaran, yaitu pada siklus I rata-rata nilai siswa sebesar 59,24 dengan ketuntasan belajar sebesar 57,57% dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas 69,84 dengan ketuntasan belajar sebesar 78,79%, sedangkan hasil kinerja guru pada siklus I dengan nilai rata-rata 69,83 dan siklus II dengan nilai rata-rata 73,71. Kata kunci: Pembelajaran Realistik, Hasil Belajar Matematika.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 15 Jan 2014 08:04 |
Terakhir diubah: | 15 Jan 2014 08:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/438 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |