STRATEGI LEMBAGA OMBUDSMAN PERWAKILAN LAMPUNG DALAM MENGAWASI PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK (Studi Pada Pelaksanaan PPDB di Kota Bandar Lampung Tahun 2013)

Thio Sandiyuda Pratama, 1016041023 (2014) STRATEGI LEMBAGA OMBUDSMAN PERWAKILAN LAMPUNG DALAM MENGAWASI PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK (Studi Pada Pelaksanaan PPDB di Kota Bandar Lampung Tahun 2013). FISIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENYETUJUI.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB IV.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB V.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (214Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB VI.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK STRATEGI LEMBAGA OMBUDSMAN PERWAKILAN LAMPUNG DALAM MENGAWASI PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK (Studi PadaPelaksanaan PPDB di Kota Bandar Lampung Tahun 2013) OLEH THIO SANDIYUDA PRATAMA Ombudsman Republik Indonesia adalah lembaga negara yang mempunyai wewenang mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Penyelenggara Negara dan pemerintahan termasuk yang diselenggarakan oleh BUMN, BUMDdan BHMN serta badan swasta atau perseorangan yang diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publiktertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi Lembaga Ombudsman Perwakilan Lampung dalam mengawasi penyelenggaraan PPDB di Kota Bandar Lampung tahun 2013 dan kendala apa saja yang muncul. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini: (1) strategi Lembaga Ombudsman Perwakilan Lampung dalam mengawasi penyelenggaraan PPDB di Kota Bandar Lampung tahun 2013, adalah (a) kebijakan organisasi dalam bentuk surat edaran; (b) memotivasi pegawai dilakukan melalui pemberian semangat kerja serta penerapan reward dan punishment; (c) sumber daya yang terdiri dari SDM dan sumber daya material berupa sarana prasarana dan financial kurang mendukung namun telah diupayakan untuk mengalokasikan berbagai sumber daya yang ada untuk mengoptimalkan pengawasan. (2) kendala-kendala yang muncul, adalah (a) kendala internal, kurangnya jumlah SDM dan keterbatasan anggaraan; dan(b) kendala eksternal, minimnya peran serta masyarakat dan arogansi pelayan publik. Peneliti merekomendasikan beberapa hal, yaitu: (1) Ombudsman melakukan pembukaan posko keliling; (2) Ombudsman melakukan sosialisasi dengan membuat banner atau spanduk ditempat yang strategis; (3) Ombudsman lebih intensif dalam memonitoring pelaksanaan PPDB; (4) Ombudsman Perwakilan Lampung membuat rekomendasi kepada Ombudsman RI untuk dapat meningkatkan jumlah SDM, sarana prasarana dan anggaran; (5) Ombudsman melakukan tindakan yang cepat bagi setiap instansi atau para pelayan publik yang tidak dapat menerima saran dari Ombudsman. Kata kunci: Ombudsman, strategi, dan pengawasan. ABSTRACT STRATEGY OF OMBUDSMAN REPRESENTATIVE LAMPUNG INSTITUTE IN MONITORING THE IMPLEMENTATION OF PUBLIC SERVICE (Study in The Implementation of PPDB in Bandar Lampung 2013) BY THIO SANDIYUDA PRATAMA Ombudsman of Republic of Indonesia is a state agency that has the authority to supervise public service held by the State governments, including BUMN, BUMD, and BHMN, also enterprises and private entities or individuals who were given the task of holding certain public services. The purpose of this study is to analyze the strategy of Ombudsman Representative Lampung in monitoring the implementation PPDB in Bandar Lampung year 2013 and any obstacles that arise. This type of research used is descriptive research with qualitative approach. While the datacollection techniqueis done by interviews and documentation . The results of the research: (1) strategies of Ombudsman Representative Lampung in monitoring the implementation of PPDB in Bandar Lampung year 2013 is (a) the policy of the organization in the form of a circular; (b) motivate employees is done through the provision of morale and also implementation of reward and punishment; (c) resource consisting of human and material resources in the form of infrastructure and financial is less support, but has strived to allocate the available resources to optimize the controlling. (2) the constraints that arise , are (a) the internal constraints , the lack of human resources and budget limitations; and (b) external constraints , lack of society participation and the arrogance of public servants. Researchers recommend several things: (1) Ombudsman open the roving post; (2) Ombudsman do the socialization by making a banner in the strategic place; (3) Ombudsmanmore intensive in monitoring the implementation of PPDB; (4) Ombudsman Representative Lampung make recommendations to the Ombudsman of Indonesia Republic to be able to increase the amount of human resources, infrastructure and budgets; (5) Ombudsman dothe quick action for each agency or public servants who are not able to receive advice from the Ombudsman . Key Word: Ombudsman, Strategy, and Monitoring

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Karya Karya Umum = 000
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: 5960816 . Digilib
Date Deposited: 27 Oct 2014 07:46
Terakhir diubah: 27 Oct 2014 07:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4750

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir