PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA PEMBELAJARAN TARI PIRING DUA BELAS DI SMA NEGERI 1 KALIREJO LAMPUNG TENGAH

DEVI NURMALASARI, 0913043021 (2013) PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA PEMBELAJARAN TARI PIRING DUA BELAS DI SMA NEGERI 1 KALIREJO LAMPUNG TENGAH. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. Cover Dalam.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. Halaman Judul.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. Halaman Pengesahan.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. Pernyataan.pdf

Download (4082b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. Riwayat Hidup.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. Moto.pdf

Download (197Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. Persembahan.pdf

Download (209Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. Sanwacana.pdf

Download (140Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1. BAB 1.pdf

Download (145Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. BAB II.pdf

Download (439Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. BAB III.pdf

Download (283Kb) | Preview
[img] File PDF
4. BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (330Kb)
[img]
Preview
File PDF
5. BAB V.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan model kooperatif tipe STAD dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tari piring dua belas kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Kalirejo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan yaitu pembelajaran dan model kooperatif tipe STAD. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru seni budaya dan siswa kelas XII IPA 2 yang berjumlah 35 siswa, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki, dan 23 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni pengamatan, dokumentasi yang berupa foto serta catatan lapangan, wawancara yang dilakukan dengan guru seni budaya dan siswa, tes praktik dan pengamatan aktivitas siswa dan pengamatan aktivitas guru. Dalam pelaksanaan pembelajaran model kooperatif tipe STAD pada pembelajaran tari piring dua belas, guru dan siswa sangat berperan aktif dalam proses pembelajaran. Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, dengan cara diundi dan ditentukan ketua dari masing-masing kelompoknya. Selama proses pembelajaran, setiap kelompok terlihat antusias dalam mendemonstrasikan tari piring dua belas. Namun dalam pelaksanaannya masih memiliki kelemahan yakni siswa masih mengandalkan ketua kelompoknya, terlihat pada tiap kelompok ratarata masih mengalami kesulitan pada hafalan urutan gerak dan ketepatan gerak dengan musik. Hasil belajar siswa dalam mendemonstrasikan tari piring dua belas di SMA Negeri 1 Kalirejo tergolong dalam kategori baik. Ditinjau dari kemampuan menari siswa per aspek hafalan urutan gerak tergolong dalam kategori baik, yakni siswa mampu memperagakan urutan gerak tari piring dua belas akan tetapi masih mengalami kesalahan 1-2 kali pada tujuh ragam gerak. Penggunaan properti (piring) tergolong dalam kategori sangat baik, yakni siswa mampu membawa piring dengan teknik yang benar (cara memegang dan tidak terjatuh) dalam memperagakan ragam gerak tari piring dua belas. Ketepatan gerak dengan musik tergolong dalam ketegori baik, yaitu siswa memperagakan gerak tari piring dua belas 1-2 kali terlambat atau mendahului musik dan tidak sesuai dengan tempo, irama serta hitungan setiap urutan gerak. ABSTRACT The objektives of this reseach are to describe the use of the use of stad type of cooperatif model on learning and to describe the result of studen in achievement tari piring dua belas at class XII IPA 2 in SMA Negeri 1 Kalirejo. The research method was descriptive qualitative. The theory which is use were learning and STAD type of cooperative model. The sources of this research were the teacher of arts and culture and the students of class XII IPA 2 which consists of 35 student with 12 male student and 23 famale student. The data collecting techiques which is use was observation, dokumentation in form of photo and field note, interview which was done with the teacher of arts and culture and student, practice test and obsevation, student activity, and the observasion of teacher activity. In conducted STAD type of cooperative model on learning tari piring dua belas. The teacher and students were very active in the learning process. Teacher divide the student into several groups, by using lottery and be define the leader of each group. During th steps and the axact gesture teacher learning process, each group looks antusis in demonstrating tari piring dua belas, but in the implementation still having the weakness that is students still depend the leader of their group, it can be seen on each group, in the average still having the weakness on remembering the gesture with the musics. The result of students learning in demonstrating tari piring dua belas at SMA Negeri 1 Kalirejo, include on the category good. It is consider from the students dance ability on each aspects in remembering the gesture steps, include on the category good that is the students are able to modeling the gesture steps tari piring dua belas , but it still having the false i until 2 times on the seven kinds of gesture. The use of property (plate) include on the category very good, that is the student are able to bring the plate with the right techniques (the way to hold and not to fall). In modeling the kinds of gesture tari piring dua belas. The exact gesture with the music include on the category good that is the students are able to modeling tari piring dua belas 1-2 times late or begin the music and were not approprite with the tempo, rhytme and the calculation of every gesture steps.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 17 Dec 2014 02:21
Terakhir diubah: 17 Dec 2014 02:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5794

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir