PEMANFAATAN ALAM UNTUK KREATIVITAS GERAK TARI PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 MARTAPURA

Rhisma Wahyuni, 1013043028 (2014) PEMANFAATAN ALAM UNTUK KREATIVITAS GERAK TARI PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 MARTAPURA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRACT.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER DALAM.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR DIAGRAM.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (210Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (188Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
MOTO.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SANWACANA.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf

Download (157Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf

Download (159Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3062Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PEMANFAATAN ALAM UNTUK KREATIVITAS GERAK TARI PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 MARTAPURA Oleh RHISMA WAHYUNI Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses dan hasil pembelajaran pemanfaatan alam untuk kreativitas gerak tari pada kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler tari di SMAN 1 Martapura. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran pemanfaatan alam untuk kreativitas gerak tari pada kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler tari di SMAN 1 Martapura. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tari yang berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes praktik dan nontes. Instrumen penelitian yang digunakan, yaitu tes praktik, lembar aktivitas siswa dan lembar proses kreativitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dapat menemukan ide atau inspirasi melalui pengamatan, imajinasi, yang didapatkan melalui kegiatan aktivitas metaforik yang membutuhkan penghayatan. Berdasarkan penilaian proses kreativitas dengan aspek pemahaman, eksplorasi, penyusunan memperoleh nilai rata-rata 76 tergolong kriteria baik dan tes praktik dengan aspek pola lantai, level gerak, ekspresi wajah saat menari, ketepatan gerak dengan musik dan ketepatan gerak saat menari memperoleh nilai rata-rata 71 tergolong dalam kriteria cukup. Kata kunci : kreativitas gerak tari, pemanfaatan alam, pembelajaran, penilaian. The problem in this research is how proces and results of learning the natural use for creativity dance on the dance extracurricular learning activities in SMAN 1 Martapura. This study aims to describe the process and learning outcomes for the use of natural creativity in dance extracurricular learning activities in SMAN 1 Martapura. This method used is descriptive qualitative. Sources of data in this study are the teachers and students who take extra dance totaling 12 students. Data collection techniques in this study is the observation, interviews, documentation, testing practices and nontes. The research instrument used, the test of practice, student activity sheets and sheets of the students' creativity. The results of this study indicate that students are able to find an idea or inspiration through observation, imagination, obtained through metaphoric activities that require appreciation. Based on an assessment process with aspects of the understanding of creativity, exploration, preparation scored an average of 76 belonging to both criteria and test practices with aspects of floor patterns, the level of motion, facial expressions while dancing, musical accuracy and precision movement with motion while dancing obtain average value average 71 belonging to the sufficient criteria.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Karya Karya Umum = 000 > Knowledge/Ilmu Pengetahuan > Theory of Knowledge/Teori Ilmu Pengetahuan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 6005394 . Digilib
Date Deposited: 29 Jan 2015 03:50
Terakhir diubah: 29 Jan 2015 03:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6520

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir