faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung angkatan 2011 mengikuti near-peer tutoring dengan kakak tingkat di luar pendidikan formal.

yusi farida, 1118011142 (2015) faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung angkatan 2011 mengikuti near-peer tutoring dengan kakak tingkat di luar pendidikan formal. Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
COVER LUAR.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRACT.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER DALAM.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PENGESAHAN.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SANWACANA.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf

Download (186Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf

Download (175Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf

Download (102Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (272Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Faktor yang mempengaruhi proses belajar mahasiswa digolongkan menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dalam diri mahasiswa sendiri sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang berasal luar diri mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan fenomena yang sedalam-dalamnya mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa Fakultas Kedokteran Unila angkatan 2011 mengikuti near peer-tutoring dengan kakak tingkat di luar pendidikan formal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sampel berjumlah 10 responden dan menggunakan teknik snowball sampling. Hasil penelitian diperoleh bahwa faktor eksternal (60,6%) merupakan faktor dominan yang mempengaruhi dibandingkan faktor internal (39,4%).Dimana faktor eksternal tersebut terdiri atas 5 subkategori yaitu berupa kelompok belajar (18,2%), teman (15,2%), materi pelajaran (12,2%), tutor (9%) dan dukungan orang tua (6%). Sedangkan faktor internal terdiri atas 3 subkategori yaitu berupa motivasi (18,2%), keaktifan atau partisipasi (15,2%) dan mood (6%). Selain itu, sebanyak 90% responden merasa puas dengan mengikuti near-peer tutoring dengan kakak tingkat.Jadi kesimpulan dari penelitian ini yang mempengaruhi mahasiswa Fakultas Kedokteran Unila angkatan 2011 yang mengikuti near peer-tutoring adalah kelompok belajar, teman, materi pelajaran, tutor, dukungan orang tua, motivasi, keaktifan atau partisipasi dalam tutorial dan mood. Kata kunci: mahasiswa fakultas kedokteran, peer-tutoring, problem-based learning. ABSTRACT Factors that influence the learning process of student divided into two. Namely the internal factors and external factors. Internal factors are factors that originate within the student’s own otherwise external factors are factors that originate outside of the student. This study aims to explain phenomena what factors affecting students medical faculty of Unila force 2011 follow near peer-tutoring with senior outside formal education. Using qualitative study with samples consisted of 10 respondents and using a snowball sampling. The research results obtained that external factors (60,6%) is dominant factor that affects than internal factors (39,4 %). Where external factors are consist of 5 subkategori in the form of study groups (18,2%), friends (15,2%), contents of subjects (12,2%), tutor (9%) and support parents (6%). While internal factors were consist of 3 subkategori in form of motivation (18,2%), participation (15,2%) and mood (6%). In addition, as many as 90 percent of respondents feel satisfied by following near-peer tutoring level with senior. So the conclusion of the research which was influence medical students in Lampung University class 2011 who follow near peer-tutoring there are study club, friends, learning materials, tutors, support of parents, motivation, creativity or participation in tutorial and also mood. Keywords:medical faculty, peer-tutoring, problem-based learning.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 9559648 . Digilib
Date Deposited: 29 Jan 2015 01:57
Terakhir diubah: 29 Jan 2015 01:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6618

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir