PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK BAGI SISWA KELAS I SD NEGERI 2 SUKAMAJU BANDAR LAMPUNG

, SUPRIYATI (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK BAGI SISWA KELAS I SD NEGERI 2 SUKAMAJU BANDAR LAMPUNG. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Copy of Presentation1 bu supri.pdf - Published Version

Download (153Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Mengesahkan.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Mengetahui.pdf - Published Version

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI 1.pdf - Published Version

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (354Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (92Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (298Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka yg bner.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (1602Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan aktivitas belajar melalui penerapan pembelajaran tematik bagi siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri 2 Sukamaju Kecamatan Teluk Betung Barat Bandar Lampung. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang diterapkan dalam tiga siklus. Siklus 1, menginformasikan tujuan yang akan megontrol jalannya proses, kemudian pengumpulan hasil kerja siswa, dan memberikan penguatan untuk menghadapi tugas-tugas berikutnya. Siklus 2, mengarahkan cara menulis tegak bersambung, memberi contoh menulis tegak bersambung, dan memberikan bimbingan kepada sisaw yang mengalami kesulitan, mengontrol hasil kerja siswa, kemudian memberikan penguatan untuk tugas-tugas berikutnya. Siklus 3, memberikan penguatan untuk tugas-tugas berikutnya. Data disimpulkan denga tes dan pedoman observasi, dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran tematik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas siklus pertama siswa yang aktif saat pembelajaran 72,22%, siklus dua 75%, dan siklus tiga menjadi 77,77%. Peningkatan hasil belajar dalam penguasaan konsep menulis siklus 1 siswa yang tuntas mencapai 72,22%, pada siklus 2 siswa yang tuntas mencapai 80,55%, dan pada siklus 3 siswa yang tuntas meningkat mencapai 94,44%. Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Tematik, dan Penguasaan Konsep

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 29 Jan 2014 04:43
Last Modified: 29 Jan 2014 04:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/815

Actions (login required)

View Item View Item